Seberapa Pentingkah Akreditasi Universitas Bagi Mahasiswanya?

Kuliah jangan asal kuliah, pun dalam memilih kampus untuk berkuliah. Kita tidak bisa serta merta memilih kampus hanya karena dekat dengan rumah atau mungkin kampus tersebut murah dalam hal biaya pendidikannya. Beberapa faktor ternyata penting lho untuk diperhatikan dalam memilih kampus, salah satunya adalah Akreditasi Universitas. Lalu, seberapa penting akreditasi universitas untuk mahasiswanya? Jawabannya adalah sangat penting.

Tahukah kalian, akreditasi ternyata merupakan cerminan dari satu universitas sebelum kita menguliknya lebih tajam saat berkuliah. Hal ini karena seleksi dan proses akreditasi tidak sembarangan. Badan Nasinal Standar Pendidikan Indonesia (BNSP) adalah Lembaga yang berhak memberikan label A, B atau C kepada suatu Lembaga Pendidikan setaraf Pendidikan tinggi. Syaratnya pun sangat panjang, tidak jarang suatu universitas mempersiapkan proses akreditasinya dengan durasi yang lama misalnya satu tahun sebelum akreditasi.

Dengan kalian berkuliah di suatu universitas yang memiliki cap “A” atau “Unggul”, maka dijamin kalian bakal mendapatkan lingkungan belajar yang bagus dan relevan. Ketika lulus pun kalian akan memiliki kompetensi unggul sehingga lebih siap menghadapi persaingan dunia kerja. Contohnya sangat nyata, beberapa BUMN bahkan CPNS mensyaratkan kepada pendaftarnya untuk memiliki akreditasi A sebagai syarat administrasi.

Selain itu, suatu universitas dengan akreditasi A juga akan mendapatkan nilai lebih terutama dalam hal kerjasama. Tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan berkuliah adalah untuk mempersiapkan masa depan. Jika kampus yang kalian pilih memiliki akreditasi A atau Unggul, maka di dalamnya biasanya akan terdapat banyak kesempatan kepada mahasiswanya untuk bekerjsama atau mengembangkan penelitian dengan beberapa perusahaan atau bahkan BUMN karena kerjasamanya.

Sekarang paham kan kenapa akreditasi itu penting. Oleh karena itu, usahakanlah saat memilih kampus pilihlah yang memiliki akreditasi A atau Unggul karena dengan adanya label tersebut setidaknya kalian tidak perlu khawatir atas kegiatan pembelajaran, sarana dan prasana kalian. Di sisi lain, dengan berkuliah dan lulus di universitas dengan akreditasi A, maka kalian akan dipandang lebih cakap dan mumpuni ketimbang lulusan dengan akreditasi di bawah A atau Unggul.

 

Source of pict: calonmahasiswa.com

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.