Seberapa Penting Sih Belajar Bahasa Asing?

Sekarang kita berada di zaman yang katanya kalau kita tidak menguasai Bahasa asing kita bakal sulit untuk mengikuti majunya perkembangan zaman. Karena setiap negara semakin membuka peluang untuk saling berhubungan antar satu sama lain. Baik dari segi ekonomi, teknologi, bahkan sampai ke ranah edukasi. Sebagai contoh sekarang sangat mudah bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan seminar internasional baik secara virtual ataupun datang langsung ke negara yang mengadakan seminar atau converence itu.

Gerbang untuk melakukan student exchange pun kini sangat terbuka lebar. Yang terpenting adalah menguasai Bahasa dari negara yang akan kita tuju. Atau minimalnya kita menguasai Bahasa Inggris yang sudah resmi sebagai bahasa internasional dan sudah umum digunakan untuk berkomunikasi antar sesama warga asing dimanapun. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menguasai bahasa asing.

1. Mudah Diterima di Dunia Internasional

Nah, untuk kamu yang suka ikut student exchange atau traveling keluar negeri tentu kamu akan menghadapi kendala komunikasi. Jika kamu menguasai bahasa asing, kamu akan mudah berkomunikasi dan nyaman berpergian kemana aja. Bahkan untuk kamu yang menyukai bisnis, dapat menjual produk kamu ke luar negeri, menjalin kerja sama dengan pihak luar negeri, sampai mengembangkan bisnis kamu di luar negeri.

2. Mudah Mengikuti Perkembangan Teknologi

Siapa yang saat ini yang tidak bergantung kepada teknologi? Pertumbuhan teknologi pasti berbahasa asing, maka akan menguntungkan jika kamu mampu menguasai bahasa asing dengan baik. Dengan begitu, kamu akan mengikuti perkembangan teknologi yang kian pesat dari waktu ke waktu kan?

3. Meningkatkan Pengetahuan dalam Lingkup Global

Kalian pasti tahu bahwa pada saat ini banyak sekali buku-buku terkait dengan ilmu pengetahuan yang berkembang menggunakan bahasa asing. Bahkan, jurnal-jurnal ilmiah terbit dengan bahasa asing, sehingga jika kamu menguasai bahasa asing tentu akan membantumu membuka cakrawala keilmuan yang lebih luas. Terutama buat kalian yang saat ini sedang menjadi pejuang skripsi yang setiap hari mengkonsumsi buku dan jurnal.

4. Memudahkan Bergaul di Kancah Internasional

Kalau yang ini, rasanya tidak perlu banyak penjelasan. Pasti kamu sudah menyadari penguasaan bahasa asing akan menguntungkanmu untuk bergaul lintas dunia. Apalagi, di dunia maya yaitu internet kamu akan lebih mudah bekomunikasi jika kamu menguasai bahasa asing, baik untuk bersosialita dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat dari menguasai Bahasa asing, semoga kamu makin semangat untuk menguasainya.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.