Seberapa Penting Seorang Mahasiswa Memiliki Sertifikat Kompetensi Profesi?

Persaingan dalam dunia kerja pasti akan dihadapi oleh mahasiswa yang nantinya akan lulus dari kampus dan berproses dalam dunia kerja. Tak terbayang akan ada berapa banyak pesaing lainnya yang akan kamu hadapi, ketika kamu mulai  memasukkan berkas lamaran kerjamu di sebuah perusahaan. Perusahan pun pastinya akan memilah dan memilih lamaran yang memang dibutuhkan menurut perusahaan itu sendiri.

Nah oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan penunjang yang bisa membantumu dalam menambah nilai jual dirimu saat proses seleksi berkas lamaran sebuah pekerjaan. Diantaranya adalah CV yang keren dan juga sertifikasi kompetensi. Mungkin kamu sudah familiar dengan CV, tapi tahukah kamu apa itu sertifikasi kompetensi?

Sertifikasi kompetensi adalah program yang dilaksanakan oleh suatu lembaga resmi untuk memberikan tanda pengakuan berupa sertifikat. Yang berupa pembuktian bahawasannya kamu berkompeten atau tidak dengan cara dilakukan secara teknis dan sistematis melalui segala rangkaian uji kompetensi.

Ada banyak kompetensi atau yang biasa disebut dengan “Skema” yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Kompetensi yang diujikan tergantung dengan kebutuhan dan latar belakang yang terkait. Dan umumnya sertifikasi kompetensi sangat dibutuhkan dalam pekerjaan yang sifatnya sangat teknis atau yang membutuhkan banyak keterampilan  sekaligus dan membutuhkan lisensi.

Maka dari itu jikalau kamu sudah memiliki sertifikat kompetensi profesi ini, kamu akan merasa lebih percaya diri untuk melamar sebuah pekerjaan. Sebab kamu akan memiliki satu nilai plus karena sudah memiliki sertifikat kompetensi ini. Tentunya juga akan menjadikan berkas lamaranmu lebih dilirik oleh perusahaan dari pada pelamar yang lainnya.

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.