Sastra Thailand UI, Benarkah Akan Jadi Jurusan Baru atau Isu Semata?

Akhir-akhir ini beberapa akun ber’embel-embel’ sebagai akun info mahasiswa Indonesia ramai memposting isu bahwa Fakultas Ilmu Pengetahuan Bahasa Universitas Indonesia akan membuka jurusan baru yaitu Sastra Thailand. Namun, dalam postingan tersebut, kabar tersebut masih seputar isu dari berbagai pihak yang terakumulasi menjadi sebuah berita oleh para akun info mahasiswa tersebut. Namun, jika kita menganalisa keluarnya berita tersebut, apa mungkin hal tersebut adalah hal yang benar namun ditutup-tutupi oleh pihak UI sendiri? Sementara pihak UI belum bersuara mengenai isu tersebut baik di akun media sosial dan website resmi FIB UI. Jikalau itu kabar burung, bagaimana akun info mahasiswa tersebut bisa tercetus sebuah jurusan secara spesifik yaitu ‘Sastra Thailand’ dimana masih banyak jenis sastra lain yang bisa dipelajari.

Jika menilik dari web resmi FIB UI, fakultas tersebut sudah memiliki jurusan S1 yang jauh bila dibandingkan dengan FIB UGM atau kampus lainnya. Terdapat 15 program jurusan untuk jenjang strata S1, 7 program jurusan untuk jenjang Strata 2, dan 5 program jurusan untuk jenjang Strata 3. Hal tersebut tentu sudah diatas angin dari ‘kampus kerakyatan’ yang memiliki 11 program jurusan untuk Strata 1, 5 program untuk jenjang Strata 2, dan 1 program untuk jenjang Strata 3.

Menarik untuk dinantikan, apakah program jurusan sastra Thailand di UI akan benar-benar tercetus atau hanya menjadi angin segar sebagai bahan Instagram para akun info mahasiswa untuk sekedar menaikan ‘engagement’. Faktanya, jika benar program ini terlaksana, maka, UI Kembali dinobatkan sebagai kampus satu-satunya di Indonesia yang memiliki program jurusan Sastra Thailand berjajar setara dengan program terdahulu mereka yaitu Sastra Belanda. Meskipun paparan budaya Thailand tidak sebesar budaya barat dan Korea, namun program ini patut dinantikan untuk menciptakan generasi Indonesia yang bisa mendunia khususnya di lingkup Asia Tenggara. วิญญาณ ! (Baca: Semangat!)

source: https://fib.ui.ac.id/ dan https://fib.ugm.ac.id/en/#

source of picture: m.traveloka.com

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.