Rekomendasi Website Penyedia Jurnal Nasional dan Internasional Gratis

Sebagai seorang mahasiswa, membuat karya tulis ilmiah, penelitian, paper, makalah merupakan sesuatu yang lumrah dalam dunia perkuliahan. Dalam penyusunan paper selain mengambil rujukan dari perpustakaan, terkadang juga mengambil informasi lain dari internet. Namun, jika ingin mengambil informasi dari internet, hendaknya tidak merujuk pada sumber yang kurang kredibel.

Untuk memudahkan Anda dalam mencari sumber informasi, kami telah merangkum website resmi untuk mencari jurnal baik itu nasional dan Internasional.  Berikut ulasannya

Website Jurnal Indonesia 

Website penyedia jurnal penelitian di Indonesia sebenernya cukup banyak, Namun Anda harus selektif dalam memilih website dalam mencari sebuah jurnal, karena beberapa situs reputasinya masih kurang kredibel.

Anda bisa mengunjungi situs website penyedia jurnal yang telah kami rangkum dibawah ini, tidak perlu merogoh kocek untuk mendapatkannya, sebab kebanyakan website penyedia jurnal penelitian memberikannya secara gratis. Anda cukup tinggal mendaftar dan temukan jurnal penelitian yang relevan dengan penelitian yang sedang Anda kerjakan.

Perpusnas Indonesia 

Sumber yang paling sering dituju saat butuh jurnal penelitian yaitu Perpustakaan Nasional Indonesia. Sebab situs ini dikelola langsung oleh pemerintah dan juga telah berlangganan dengan penyedia jurnal-jurnal internsional yang bereputasi. Sebagai pusatnya perpustakaan, tentunya berkaitan dengan dunia literasi, termasuk juga menyediakan jurnal penelitian dari para peneliti di Indonesia.

LIPI 

Untuk yang satu ini merupakan website resmi dari Lembaga Ilmu Pendidikan Indonesia (LIPI) yang diatur langsung oleh Kemenristekdikti. Koleksinya cukup lengkap, total keseluruhannya mencapai 15 ribu lebih jurnal penelitian dan artikel ilmiah dari berbagai bidang pendidikan. Anda dapat mengakses seluruh jurnal yang ada disini secara gratis.

Google Scholar 

Tentunya situs penyedia karya ilmiah yang satu ini sudah tidak asing lagi dikalangan para akademisi. Walapun berada di satu induk yang sama, situs ini berbeda dengan Google Search. Google Scholar atau Google Cendekia lebih berfokus pada menyediakan karya tulis ilmiah maupun artikel ilmiah dari berbagai bahasa dan penjuru dunia.

Karena kelengkapan dan design situs yang user friendly, harus diakui Google Scholar masuk kedalam 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi. Anda dapat mengakses seluruh karya tulis ilmiah yang ada disini secara gratis. Bahkan dapat langsung mengunduh file jurnal ataupun artikel ilmuah tanpa harus berkunjung ke situs asalnya.

Portal Garuda 

Situs yang satu ini juga cukup terkenal dalam mencari referensi jurnal dan artikel ilmiah bereputasi. Situs yang dikelola oleh Indonesian Publication Index (IPI) hanya menyediakan karya tulis ilmiah yang bereputasi dan terakreditasi. Untuk jumlah artikelnya sendiri sedikitnya, terdapat 3000 jurnal penelitian yang berasal dari berbagai disiplin ilmu. Oleh karena itu, situs ini bisa menjadi alternatif pilihan saat membutuhkan rujukan artikel ilmiah.

Website Jurnal Internasional 

Memang saat membuat karya tulis ilmiah ataupun paper, informasi yang dimuat didalamnya harus berlandaskan pada buku atau artikel ilmiah yang sudah kredibel. Bukan berdasarkan opini pribadi. Kebanyakan kampus membolehkan mengambil rujukan dari jurnal nasional, namun di beberapa kampus ada yang mengharuskan mengambil rujukan dari jurnal internasional agar hasil karya tulis ilmiahnya dapat diterima secara global. Berikut daftar situs penyedia jurnal internasional yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

JSTOR 

Journal Storage atau JSTORE bisa menjadi pilihan situs rujukan jurnal peneliatian internasional yang sudah bereputasi dan kredibel. Pasalnya, situs ini menyediakan kurang lebih 12 juta jurnal ilmiah dari berbagai bidang ilmu, ditambah dengan artikel ilmiah, dan kumpulan ebook. Semua karya tulis ilmiah berasal dari berbagai negara yang harus melalui proses seleksi yang ketat.

Microsoft Academic 

Salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia ini juga menyediakan sebuah mesin pencari seperti google khusus untuk karya tulis ilmiah yang diberi nama Microsoft Academic. Sesuai dengan namanya situs ini memang didesain sebagai mesin pencari untuk literatur akademik seperti jurnal, artikel, dan karya tulis ilmiah lainnya.

Microsoft Academic menyediakan jurnal ilmiah kurang lebih 48 ribu jurnal yang berasal dari berbagai bahasa dan negara di dunia. Akses ke jurnal-jurnal tersebut dijamin gratis dan dapat dengan mudah di unduh.

CiteSeer 

Citeseer bisa menjadi alternatif pilihan untuk mencari jurnal internasional. Sebab, Anda dapat dengan mudah mendapatkan jurnal ilmiah dari berbagai negara dan berbagai macam disiplin ilmu pendidikan.

Pada dasarnya, Citeseer merupakan perpustakaan digital internasional, sehingga design layoutnya mirip dengan Perpusnas Indonesia. Sebagai penyedia perpustakaan digital, situs ini tidak hanya menyediakan jurnal ilmiah saja. Namun ada juga artikel ilmiah, paper dan karya tulis ilmiah lainnya yang bisa Anda jadikan rujukan penelitian Anda. Untuk bisa mengaksesnya Anda bisa mengunjunginya langung di http://citeseer.ist.psu.edu/

DOAJ 

Directory of Open Acces Journal atau DOAJ juga banyak dijadikan referensi jurnal penelitian internsional yang bereputasi. Situs DOAJ mempunyai design yang sederhana dengan pilihan menu yang terbatas, sehingga memudahkan proses pencarian dan membuat tampilan yang user friendly.

Begitu situs terbuka, akan langsung disuguhkan dengan kolom pencarian, dan bisa langsung mengetikan kata kunci jurnal penelitian yang dicari. Koleksi jurnal yang ada cukup banyak, yaitu 11 ribu lebih jurnal ilmiah. Selain itu juga terdapat 5,7 juta lebih artikel ilmiah. Jumlah yang cukup banyak bukan ?

IOSR Journal 

Internasional Organization of Scientific Research atau lebih dikenal dengan IOSR juga menjadi sumber rujukan terbaik untuk mendapatkan jurnal internasional bereputasi. Walaupun website ini dikelola oleh pihak swasta, namun terlihat mempunyai dedikasi yang tinggi.

Sebab selalu update jurnal dan artikel ilmiah terbaru dan berasal dari berbagai disiplin ilmu. Sehingga untuk memperoleh jurnal pendidikan Internasional disini dijamin mudah, cukup ketikan kata kunci dikolom pencarian yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Nah, itu tadi 9 daftar website penyedia jurnal nasional dan internasional yang mempunyai reputasi yang baik dan kredibel. Melalui situs-situs tersebut Anda dapat dengan mudah menemukan jurnal penelitian yang Anda butuhkan. Sehingga menjadi solusi tetap hemat saat mencari referensi untuk penelitian maupun penulisan buku, artikel, dan karya tulis ilmiah jenis apapun.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.