Pusing Gimana Cara Dapatkan Part Time? Yuk Simak Langkah-Langkahnya!

Memiliki tekad yang bulat untuk mencari lapangan pekerjaan sembari kuliah, pasti diiringi dengan kegalauan. Bingung cara mendapatkan lapangan pekerjaan, bingung cara mendaftar hingga tahap-tahapnya. Nah, biar kamu nggak pusing dan bingung lagi, yuk simak gimana tahap-tahap yang bisa kamu lakukan sebelum atau agar bisa mendapakan part time yang cocok dengan kamu.

  1. Cari tahu pekerjaan yang kamu inginkan

Sebelum memulai mencari pekerjaan. Ada baiknya kamu tahu apa jenis pekerjaan yang akan kamu ambil. Berbagai profesi menjadi part time dapat kamu pilih dan tentukan sebelum mencari sumber informasi. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mencari informasi.

  1. Mencari informasi di situs-situs terpercaya

Kemajuan teknologi komunikasi, tentu akan mempermudah kamu dalam mengakses segala jenis informasi. Cukup dengan membuka koneksi internet kamu bisa menemukan situs-situs yang menyediakan lowongan pekerjaan baik pekerjaan tetap ataupun part time. Melalui media aosial mungkin kamu bisa memanfaatkan Linkedln, Facebook dan juga Twitter. Khusus Linkedln, kamu bisa memulai dengan melihat daftar koneksi untuk melihat apakah ada seseorang yang bisa mengenalkanmu pada perusahaan yang kamu inginkan. Sedangkan untuk Twitter, kamu bisa mendapatkan pekerjaan part time dengan menelusuri hashtag seperti #jobopening #nowhiring ataupun #freelance.

  1. Menyiapkan berkas atau dokumen

Ketika akan mendaftarkan diri ke sebuah instansi atau perusahaan kamu pasti membutuhkan dokumen. Dokumen-dokumen tersebut umumnya meliputi surat lamaran, fococopy KTP, Ijazah terakhir, CV dan lain-lain. Perlu diingat, setiap instansi memiliki kriteria masing-masing untuk berkas yang diperlukan.

  1. Melakukan apply sesegera mungkin

Bila kamu sudah menemukan tempat yang akan kamu tuju untuk mendaftar. Jangan ragu untuk segera mendaftarkan diri kamu. Sebab, persaingan dalam dunia pekerjaan tentu cukup kuat. Tentu yang ingin mendaftar part time bukan hanya kamu. Banyak mahasiswa ataupun non-mahasiswa yang mencarinya.

  1. Siapkan diri

Setelah melakukan pendaftaran, kamu hanya perlu menunggu hasil dari apply dokumen kamu. Cukup siapkan diri kamu untuk tahap selanjutnya. Bisa saja interview, atau bisa saja langsung mendapatkan jawaban. Jawaban kamu diterima atau tidak. Apapun itu, siapkan diri kamu. Jangan lupa untuk berdoa agar kamu diterima.

 

Itu dia lima langkah yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan diri mendaftar pekerjaan part time. Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah/Uke

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.