Publish or Perish: Aplikasi Sahabat Mahasiswa Tingkat Akhir

Mahasiswa tingkat akhir pasti sudah akrab dengan beberapa hal seperti revisi, jurnal artikel, review, dan skripsi. Iya betul, satu tembok terakhir dari mahasiswa tingkat akhir adalah skripsi. Sebuah tembok yang bisa dihancurkan dengan sikap rajin dan disiplin. Selain itu, para mahasiswa akhir juga akrab dengan jurnal artikel sebagai bahan referensi mereka. Sayangnya, proses pencarian jurnal artikel tidaklah mudah. Terkadang hanya mencari sumber skripsi saja mereka membutuhkan waktu berhari-hari karena banyaknya link palsu atau sumber yang tidak bisa dipercaya. Nah lalu bagaimana cara agar lebih mudah mencari jurnal artikel untuk tugas atau skripsi? Yuk kenalan dengan Publish or Perish (PoP)

Publish or Perish dirancang untuk membantu individu ataupun akademisi untuk mencari dan manganalisis sumber informasi yang dibutuhkan. Selain itu, PoP (Publish or Perish) juga dapat membantu menyeleksi artikel-artikel di database online sesuai dengan kualitas artikel tersebut. Software ini digunakan untuk mengambil dan menganalisis kutipan akademik. Jadi tidak hanya mencari, PoP juga dapat menyaring kualitas artikel atau informasi dan kemudian menyajikannya dalam metadata yang baik. Dalam default aplikasi PoP, kita dapat mengambil dari sumber-sumber referensi dari database besar artikel atau karya ilmiah seperti google scholar, scopus, web science, microsoft academic, PubMed (berkaitan dengan topik medis), dan Crosref.

Selain itu, PoP juga menawarkan range jumlah artikel yang kita inginkan. Range tersebut diantara 50 artikel sampai 1000 artikel. Tentunya, semakin banyak artikel yang akan kita mau maka akan semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyediakan jurnal artikel yang kita inginkan. Hanya dengan mengetik kata kunci atau penulis, maka semua artikel jurnal akan muncul. Hal ini tentu sangat memudahkan para akademisi dan mahasiswa dalam mencari sumber terpercaya.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan aplikasi tersebut? Untuk mendapatkan aplikasinya kalian bisa membuka laman https://harzing.com/resources/publish-or-perish dan mengikuti semua langkah-langkahnya. Untuk informasi lebih kalian bisa membuka website resminya ya. Walaupun dengan bahasa Inggris, namun mudah dimengerti kok. Yuk coba aplikasi PoP untuk skripsi kalian!

 

Source: https://harzing.com/resources/publish-or-perish

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.