Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Bagi sebagian orang, jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia mungkin dipandang sebelah mata. Berbagai kalimat seperti “Ngapain masuk jurusan Bahasa Indonesia? Kan udah bisa Bahasa Indonesia”, “Kenapa Bahasa Indonesia?” dan sebagainya. Namun siapa sangka jurusan ini punya prospek besar dalam dunia kerja.

Pertama, Translator yaitu penerjeman tulisan. Pekerjaan ini bekerja untuk menerjemahkan berbagai macam karya sastra asing. Tidak hanya itu, dokumen bisnis, buku akademik hingga menerjemahkan film layar lebar juga bisa dilakoni oleh lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Bahkan saat ini penerjemah tulisan juga turut ambil bagian pada bidang keilmuan khusus, seperti penerjemah di bidang hukum atau teknologi.

Kedua, Jurnalis yaitu pekerja di bidang media massa. Kegiatan jurnalistik dilakukan di berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, juga media online. Jurnalis sering dianggap sebagai wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian yang ada dan terjadi di masyarakat.

Ketiga, Public Relation yaitu hubungan masyarakat. Menjadi seorang humas membutuhkan komunikasi yang baik, artinya sistematika komunikasi dalam memilih gaya Bahasa Indonesia yang tepat adalah standarisasi yang harus dimiliki seorang Public Relation. Maka, tidak heran jika lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki peluang besar dalam profesi ini.

Keempat, Guru Bahasa Indonesia yaitu profesi yang sudah tak asing. Bahkan profesi ini memiliki peluang sangat besar di sekolah-sekolah. Dimulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Menjadi Guru Bahasa Indonesia di sekolah bukan hanya sekedar mengajar, akan tetapi menyusun kurikulum pelajaran hingga menyusun sistematika pembelajaran siswa.

Bagaimanapun setiap jurusan pasti memiliki prospek kerja masing-masing. Apalagi di zaman yang semakin maju ini. Nyatanya lulusan Jurusan Bahasa Indonesia juga bisa berkarier di Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbudristek, sebagai pengembang kurikulum ataupun instruktur pengembangan dan pembinaan bahasa. Jadi, tunggu apalagi? Jangan ragu untuk kamu yang mau masuk Jurusan Bahasa Indonesia!

 

Penulis : Gina Fauziyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.