Program Pertukaran Pelajar Bagi Siswa/Siswi SMA

Mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan sudah hampir menjadi mimpi semua orang, terlebih sekarang ini berbagai macam program beasiswa sedang sangat ramai digalakkan dari berbagai sektor. Begitu pula beasiswa yang dikeluarkan oleh institusi/lembaga dari negara lain. Semuanya memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri dari berbagai jenjang, termasuk untuk kamu yang masih berstatus siswa SMA.

Melalui program Pertukaran dan Studi Pemuda Kennedy-Lugar (YES) Departemen Luar Negeri AS, siswa-siswi SMA dari negara-negara dengan populasi Muslim banyak diberi kesempatan untuk tinggal dan belajar selama satu tahun akademik di Amerika Serikat. Program YES didirikan oleh Kongres pada Oktober 2002 sebagai respon dari peristiwa 11 September 2001. Program YES Abroad didirikan pada 2009 untuk memberikan pengalaman bagi siswa AS (umur 15-18,5 tahun) untuk menghabiskan satu tahun akademik dalam pemilihan negara yang dituju.

Di program ini nantinya para siswa-siswi yang terpilih akan berperan sebagai “duta pemuda” di negara asal mereka, untuk mempromosikan toleransi dengan membentuk hubungan baik dengan keluarga dan komunitas di mana mereka akan tinggal selama pertukaran pelajar.

Adapun persyaratan dasar bagi pelamar program ini diantarnya adalah;

1. Pelajar SMA di Indonesia, (SMA/sederajat kelas 1-2)

2. Usia: Lahir antara 1 Januari 2005 dan 1 Agustus 2006

3. Warga Negara Indonesia (tidak memiliki paspor AS, tidak lahir di AS, salah satu orang tua bukan berkebangsaan AS)

Apa saja yang akan didapatkan oleh penerima program ini, berikut pembahasannya;

1. Peserta tinggal bersama keluarga angkat

2. Mendapatkan kesempatan untuk bersekolah selama 1 tahun di sekolah menengah Amerika, memperoleh keterampilan kepemimpinan

3. Mendapatkan pembinaan dengan mengikuti komuniti yang ada di Negara tersebut

Adapun Negara-negara yang masuk dalam program ini ada 38 negara diantarnya adalah; (1) Albania; (2) Bahrain; (3) Bangladesh; (4) Bosnia; (5) Herzegovina; (6) Bulgaria; (7) Kamerun; (8) Mesir; (9) Gaza-Palestina; (10) Ghana; (11) India; (12) Indonesia; (13) Israel (Komunitas Arab); (14) Yordania; (15) Kenya; (16) Kosovo; (17) Kuwait; (18) Libanon; (19) Liberia; (20) Libya; (21) Malaysia; (22) Mali; (23) Maroko; (24) Mozambik; (25) Nigeria (26) Makedonia Utara; (27) Pakistan; (28) Filipina; (29) Arab Saudi; (30) Senegal; (31) Sierra Leone; (32) Afrika Selatan; (33) Suriname; (34) Tanzania; (35) Thailand; (36) Tunisia; (37) Turki dan (38) Bank Barat.

Nah itu tadi beberapa informasi umum yang bisa kamu dapatkan mengenai program YES ini. Jika kamu tertarik untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi laman resminya di https://www.yesprograms.org. Semoga artikel ini membantumu ya.

 

Sumber : https://www.yesprograms.orgm,   https://id.usembassy.gov/

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor    : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.