Persiapkan Student Exchange Dengan Dokumen Ini

Ketika sudah menjadi mahasiswa, maka lingkup pertemanan dan lingkungan akan semakin meluas. Jika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) lingkupnya hanya satu daerah, namun ketika sudah menjadi mahasiswa maka lingkup pendidikan dan pertemanan akan semakin meluas bahkan se-Indonesia. Sebagai mahasiswa, pastinya kita memiliki harapan dan mimpi sebagai mahasiswa yang bermanfaat dan kaya akan pengalaman. Berbagai pengalaman di tingkat perkuliahan akan semakin terbuka lebar seperti contohnya perlombaan, delegasi, conference bahkan student exchange. Untuk poin terakhir, mahasiswa biasanya akan dikirim untuk belajar di luar negeri selama kurang lebih 6 bulan atau 1 semester.

Nah, jika kalian berkeinginan untuk melakukan student exchange, maka ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan. Dari mulai persiapan mental, persiapan dokumen, sampai persiapan diri. Salah satu hal yang krusial untuk kalian siapkan jika ingin mengikuti student exchange adalah passport. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Dokumen ini menjadi syarat penting sebagai tiket kalian melancong ke luar negeri untuk melakukan pertukaran mahasiswa.

Namun, beberapa mahasiswa menganggap enteng paspor dan merasa tidak perlu memilikinya. Padahal membuat paspor adalah hal yang mudah bahkan murah. Imigrasi Indonesia selalu membuka pintunya untuk kalian jika ingin memiliki benda satu itu. Dengan memiliki paspor, maka kesempatan dan syarat untuk mengikuti student exchange sudah tercicil. Kalian tidak perlu lagi mengurus paspor dari awal, sebaliknya, kalian akan lebih fokus lagi untuk syarat lain seperti nilai TOEFL dan dokumen lain. Tidak hanya itu, dengan memiliki paspor maka kesempatan untuk melakukan perjalanan keluar negeri seperti mengikuti International Conference juga akan terbuka. Beberapa International Conference kerap dilakukan secara rutin di luar negeri seperti di Malaysia, Brunei, bahkan Korea. Dengan berpartisipasi dalam International Conference, maka pengalaman kalian akan bertambah, skill pun akan bertambah untuk menjadi mahasiswa berprestasi.

Nah, jika kalian mahasiswa dan ingin membuka kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar, maka persiapkan passport kalian ya. Jangan sampai kesempatan untuk menambah pengalaman kalian di perkuliahan akan terhenti hanya karena kalian tidak memiliki dokumen tersebut.

 

Source: Indonesiabaik.id

Source of Picture: Phinemo.com

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.