Perhatikan! Ini Dia Penyakit yang Biasa Menyerang Mahasiswa!

Mahasiswa memang terkenal dengan orang yang memiliki semangat jiwa muda. Apapun tugas, pekerjaan, organisasi semua diterjang sampai tidak memperhatikan kemampuan dari daya tahan fisiknya. Istilah lainnya terlalu memforsir tubuh untuk berkegiatan.

Menjadi mahasiswa yang aktif itu memang bagus, tetapi tetap harus perhatikan kesehatan. Terutama kalian yang menjadi anak rantau yang jauh dari dekapan orang tua. Gimana coba kalau kalian sampai masuk rumah sakit tetapi orang tua jauh di rumah. Tentunya orangtua akan khawatir dengan kondisis anaknya.

Nah karena itu, kalian harus benar-benar memperhatikan penyakit apa saja yang biasa menyerang mahasiswa. Agar kalian bisa mengantisipasi dan lebih menjaga kesehatan diri. Berikut ini penyakit yang biasa menyerang kesehatan mahasiswa diantaranya;

1. Insomnia/ Sulit Untuk Tidur

Penyakit ini sering menyerang mahasiswa yang terbiasa mengerjakan tugas di malam hari. Karena di siang hari mereka melakukan aktivitas lain sehingga hanya menyisakan waktu di malam hari untuk mengerjakan tugas maka mau tidak mau mereka harus mengerjakan tugas di malam hari. Hal seperti ini menyebabkan penyakit insomnia datang. Tentunya ini berakibat pada kurangnya waktu untuk istirahat tidur malam. Kurang istirahat dapat memacu penyekit berat lainnya.

2. Asam Lambung/ Magh

Nah penyakit ini sering menyerang mahasiswa yang tidak memperhatikan pola makan secara teratur. Mereka makan ketika mereka mau saja. Sedangkan lambung memiliki siklus untuk mencerna makanan pada jam-jam tertentu. Itulah yang menyebabkan penyakit Asam Lambung atau Magh terjadi. O iya Asam Lambung dan Magh itu penyakit yang menyerang lambung tetapi bukan suatu penyakit yang sama.

3. Sakit Kepala

Saking banyaknya tugas atau beban organisasi yang menumpuk bisa juga menyebabkan penyakit sakit kepala datang. Akan tetapi masih banyak lagi faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini datang. Diantaranya kurangya tidur, pola makan yang tidak teratur, dan jarang olahraga. Kenapa jarang olahraga bisa masuk dalam sebab dari sakit kepala? Hal ini terjadi karena peredaran darah dan oksigen tak tersampaikan dengan baik ke dalam otak atau kepala. Itulah yang menyebabkan sakit kepala terjadi.

4. Tifus

Nah yang terakhir ini adalah puncak dari serangkaian penyakit di atas. Jikalau pola hidupmu sudah buruk yang ditakutkan adalah akan terkena penyakit tifus. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi ini memang menyerang pencernaan karena berbagai sebab salah satunya kebersihan makanan yang kurang diperhatikan. Jika ini ditambah dengan lelah dan daya tubuh menurun, maka risiko terkena tifus semakin besar dan kemungkinan besar Anda harus masuk ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

Oleh sebab itu daripada uang kiriman dari orang tua kita terkuras untuk berobat lebih baik kita perhatikan pola hidup kita secara teratur. Ada perkataan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.