Perbedaan DPM, BEM, dan HMJ di Kampus Muda Mendunia!

Di tengah keseimbangan antara kegiatan akademis dan juga aktivis, kampus muda mendunia mampu menciptakan ekosistem unik untuk menjalankan setiap kegiatan yang dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswanya. Terdapat tiga elemen yang cukup masif diminati oleh mahasiswa, yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Tiga elemen tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, namun tetap bersatu padu untuk menciptakan siklus aktivis yang mengasyikan di kampus muda mendunia.

Ketiga lembaga tersebut tentu memiliki manfaatnya bagi mahasiswa yang terlibat langsung sebagai fungsionaris ataupun partisipan. Fungsi tersebut bisa dikatakan sebagai miniatur negara yang terdapat fungsi legislatif dan eksekutif sekaligus menjadi laboratorium pembelajaran bagi mahasiswa yang ingin belajar menjalankan fungsi sebagai pemerintahan nasional.

Dengan banyaknya fungsi dan manfaat yang ada, yuk kita bahas satu per satu.

1. DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa)

Seperti namanya yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa, maka lembaga tersebut menginterpretasikan Dewan Perwakilan Rakyat. Dengan demikian fungsi legislasi harus dijalankan oleh lembaga DPM yaitu pembentukan undang-undang mahasiswa dan juga pengawasan terhadap lembaga eksekutif. DPM juga memiliki memiliki peran untuk menjadi suara kolektif seluruh mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya kepada birokrasi kampus. Secara lingkup kerja, DPM biasanya bertanggung jawab pada ranah Fakultas maupun Universitas.

2. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

Badan Eksekutif Mahasiswa mungkin sering didengar oleh mahasiswa, tapi tidak semua mahasiswa mengetahui fungsi yang sebenarnya dari BEM itu sendiri. Terdapat kata “Eksekutif” pada BEM, maka lembaga tersebut menginterpretasikan tugas dan fungsi Presiden. BEM berfokus pada perencanaan serta pelaksanaan setiap program dan juga layanan yang ada di kampus. BEM juga seringkali mengadakan event besar sehingga bisa dirasakan oleh setiap mahasiswa. Sama seperti DPM, lingkup kerja BEM biasanya berada pada Fakultas dan Universitas.

3. HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)

Jika membahas Himpunan Mahasiswa Jurusan tentu akan terbayang ke lingkup yang lebih sempit dibandingkan dengan BEM dan DPM, karena HMJ bertanggung jawab pada ranah jurusan saja. Namun bisa kita katakan kalau HMJ seperti pemerintahan daerah jika kita ingin berkaca pada sistem politik nasional. Semakin kecil lingkupnya, maka semakin intens pula hubungan yang dibangun oleh HMJ kepada mahasiswa jurusan, seperti program kerja ataupun layanan yang diluncurkan oleh HMJ bisa berfokus pada konsentrasi akademik setiap mahasiswa.

Harapannya dengan teman – teman semua memahami perbedaan antara DPM, BEM, dan juga HMJ, dapat mempermudah kalian untuk menentukan dimana kalian ingin meningkatkan kemampuan dan menambah ilmu sesuai kebutuhan kalian!

 

Penulis : Amalia Zahara

Editor : Sakinatudh Dhuhuriyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *