Perbedaan CV dengan Portofolio yang perlu Fresh Graduate Tahu

Fresh Graduate tentunya menjadi masa dimana kita masih bersemangat untuk mencari kegiatan apa yang akan dilakukan setelah lulus dari perkuliahan, diantara pilihannya antara melanjutkan ke S2 atau bekerja. Nah khusus kalian yang ingin melamar pekerjaan tentunya di setiap instansi atau kantor memberikan persyaratan untuk melampirkan Curriculum Vitae  atau yang lebih dikenal dengan CV dan juga portofolio. Masih banyak diantara kalian yang belum mengerti perbedaan dari dua lampiran tersebut. Untuk memudahkan pemahaman kita tentang perbedaan keduanya, yuk simak apa saja perbedaan CV dengan portofolio di bawah ini :

  1. Perbedaan dalam Informasi yang diberikan

Isi informasi yang perlu kalian cantumkan pada CV dan Portofolio tentunya berbeda. CV lebih menjelaskan terkait data pribadi yang mendasar, seperti tanggal lahir, latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, hingga kemampuan dasar yang kalian miliki. Berbeda dengan informasi yang kalian cantumkan pada portofolio. Portofolio lebih menunjukkan hasil karya yang telah kalian lakukan sebelumnya. Semakin bagus karya yang dibuat, maka letakkanlah ia di posisi yang paling utama.

Portofolio tidak hanya menunjukan hasil dari karya yang telah kalian buat, namun juga menunjukan potensi kalian untuk berkembang terkait bidang tertentu. Terkadang juga berisi testimoni dari client  kalian sebelumnya, yang tentunya akan menambah nilai dari portofolio.

  1. Perbedaan Kelengkapan Data

Pada CV diutamakan untuk menjelaskan diri kalian dengan data selengkap mungkin, akan tetapi dengan tampilan yang ringkas, menarik dan nyaman dipandang. Buat CV kalian agar pihak yang menerima CV kalian tidak kebingungan lagi untuk menggali diri kalian. Sedangkan pada portofolio lebih baik jika semakin banyak yang kalian cantumkan di sana. Sebagai bukti bahwa kalian memang berkompeten terhadap bidang yang kalian tuju. Selain itu lebih meyakinkan HRD dalam menyeleksi berkas kalian kalau kalian memang salah satu orang yang mereka butuhkan.

Isi dari portofolio juga harus relevan dengan posisi yang kalian daftar. Bila mendaftar sebagai penulis, tidak mungkin  membuat portofolio terkait keahlian dalam fotografi.

  1. Perbedaan dalam Mencantumkan Bukti

CV akan membuktikan terkait data pribadi dan data khusus kalian, seperti yang telah dijelaskan di poin pertama. Tetapi hal ini berbeda dengan portofolio. Dengan terlampirnya hasil karya kalian melalui portofolio, calon tempat kerja kalian melamar pekerjaan akan mengetahui kapasitas yang kalian miliki terkait keterampilan dan dapat kalian buktikan dengan hasil karya yang telah kalian buat. Semakin sesuai dengan yang dibutuhkan semakin besar peluang masuknya.

Itulah perbedaan yang perlu kalian ketahui jika akan melampirkan CV dan portofolio ketika melamar pekerjaan. Semoga sukses selalu.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

 

 

Related Posts

One thought on “Perbedaan CV dengan Portofolio yang perlu Fresh Graduate Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.