Pentingnya Jaga Kesehatan Bagi Mahasiswa

Menjadi mahasiswa pastinya berbeda dengan kehidupan ketika berada di sekolah. Terlebih lagi banyaknya mahasiswa yang merantau dari kampung halamannya pasti jauh dari orangtua mereka. Saking banyaknya tugas yang didapat, mahasiswa menjadi jarang untuk memperhatikan kesehatan mereka. Berikut ini tips untuk menjaga imunitas mahasiswa salama melakukan aktivitas hariannya.

1. Tetap Sarapan di Setiap Pagi

Hal ini yang paling sering disepelekan oleh mahasiswa, karena sarapan sering dianggap kurang penting. Hal itu justru menjadikan tubuh tidak mendapatkan nutrisi dari manapun. Maka tubuh bisa menjadi lemas ketika melakukan aktivitas.

2. Memenuhi Kebutuhan Asupan Air Putih Perharinya

Jangan takut dianggap seperti anak TK yang setiap ke sekolah selalu membawa sebotol air putih, mahasiswa pun tak masalah membawa air putih kemana-mana selama di kampus. Aktivitas yang padat selama di kampus akan membuat tubuh kehilangan banyak ion, terlebih saat memasuki musim kemarau. Maka membawa air putih akan mengurangi risiko kekurangan ion. Tentu saja membawa air putih tidaklah cukup, melainkan harus diminum. Jika belum suka minum air putih, paksa diri dengan mengingat efek jangka panjang kekurangan minum air putih: masalah ginjal.

3. Jangan Lupakan Suplemen Vitamin dan Buah-Buahan

Jika teman-teman tidak terbiasa dengan vitamin, maka bisa diganti dengan madu atau sari kurma. Susu juga bisa menjadi alternatif bagi teman-teman. Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayur juga amat penting. Jika sayur banyak ditemui saat membeli makan di warung, jika kalian merasa membeli buah terlalu mahal, bisa kalian siasati dengan membeli jus buah yang ada di sekitar kampus kalian. Pasti ada kan?

4. Menjaga Pola Olahraga

Olahraga merupakan suatu hal yang penting, karena jika kita terlalu lama duduk tanpa melakukan olahraga sedikitpun dapat membahayakan tubuh kita. Maka dari itu dianjurkan untuk kita melakukan perenggangan setiap sekian menit sekali agar badan atau peredaran tubuh kita tetap teratur. Kalian juga bisa melakukan jogging di sekitar tempat tinggal kalian atau bisa melakukan workout ringan dengan menggunakan botol minum yang terisi air jika tidak memiliki beban yang biasa digunakan untuk fitness.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.