Pengertian Perguruan Tinggi dan Kampus dan Universitas 

Apa itu program studi ? Saat hendak masuk ke dunia perkuliahan tentu tidak asing dengan istilah ini, bahkan kata ini sudah mulai kalian dengar sejak di masih dibangku sekolah. Pertanyaan yang paling sering terlontar “Kamu mau masuk prodi apa? “, “Kamu mau masuk jurusan apa ? “. Lantas apa sebenernya pengertian prodi itu ? Apa bedanya dengan jurusan dan fakultas. Jika Anda sedang mencari tahu arti kata tersebut, simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Perguruan Tinggi dan Kampus dan Universitas 

Fakultas, jurusan, dan program studi itu merupakan bagian dari perguruan tinggi. Oleh karena itu jika lebih baik membahas urut dari induk utamanya dulu. Perguruan tinggi adalah tingkatan jenjang pendidikan tertiggi setelah SLTA (SMA / SMK / MA ). Jika diurutkan maka sebagai berikut : Perguruan tinggi, Fakultas, Jurusan, Program Studi.

Sebelum mengetahui perbedaan fakultas, jurusan, program studi, mari kita cari tahu terlebih dahulu pengertian “perguruan tinggi” , “ kampus “ , dan “universitas”. Beda lho !

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perguruan tinggi adalah tempat pendidikan dan pengajaran jenjang tertiggi. Jenis-jenis perguruan tinggi ada banyak macamnya diantaranya yakni, sekolah tinggi, politeknik, universitas swasta terbaik, akademi, institut, dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang salah kaprah mengartikan perguruan tinggi dan kampus, banyak yang menganggap keduanya sama. For your information, kampus adalah daerah lingkungan bangunan utama pada perguruan tinggi (universitas, akademi, sekolah tinggi, dll) yang dipakai untuk segala aktivitas kegiatan belajar mengajar dan administrasi berlangsung.

Nah, istilah kampus ini lebih merujuk ke bangunan kompleks gedung dalam perguruan tinggi yang terdiri atas bangunan gedung rektor, dekan, fakultas, jurusan, gedung tata usaha, laboratorium, ruang kuliah, dll.

Dalam kesehariannya, orang-orang lebih banyak mengatakan “pergi ke kampus” bukan “pergi ke universitas” atau “pergi ke akademi”. Karena mungkin kata yang digunakan lebih enak diucapkan.

Pengertian Fakultas 

Fakultas merupakan bagian administratif dalam universitas atau perguruan tiggi yang mengayomi beberapa bidang studi/jurusan. Umumnya dalam satu universitas atau perguruan tinggi terdapat banyak fakultas.

Contoh Fakultas di Berbagai Kampus 

Di dalam satu perguruan tinggi terdapat banyak ragam fakultas, agar sebuah kampus dapat terorganisir dengan rapi, maka dibentuk lah fakultas yang menaungi beraneka jenis jurusan dalam rumpun ilmu yang sejenis. Berikut ini contoh fakultas di kampus-kampus ternama

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Biologi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Fakultas Farmasi
Fakultas Filsafat
Fakultas Geografi
Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Hewan
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Fakultas Kehutanan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Pertanian
Fakultas Peternakan
Fakultas Psikologi
Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Pertanian

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ilmus Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Hukum

Fakultas Kesehatan dan Kedokteran

Fakultas Pertanian

Fakultas Agama Islam

Fakultas Vokasi

Fakultas Pendidikan Bahasa

Fakultas Teknik

Pengertian Jurusan Kuliah

Setelah mengetahui definisi dari fakultas, istilah selanjutnya yang harus diketahui oleh para calon mahasiswa yakni apa itu jurusan ? Menurut definisi dari KBBI, jurusan adalah turunan dari fakultas universitas atau sekolah tinggi yang menaungi dan bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi.

Secara stuktural, jurusan berada di bawah fakultas dan berfokus mengelola satu disiplin ilmu tertentu, misalnya jurusan sejarah, jurusan akuntasu, jurusan manajemen, dll. Penting untuk diketahui, setiap mahasiswa yang berbeda jurusan akan mendapatkan materi dan pelajaran yang berbeda walaupun berada dalam satu naungan fakultas yang sama.

Misalnya, Akuntansi dan Manajemen adalah jurusan dalam satu fakultas yang sama yakni dari FEB. Mahasiswa dari kedua jurusan tersebut akan mempelajari dua hal yang berbeda. Mata kuliahanya pun disesuaikan dengan jurusannya masing-masing.

Pengertian Prodi 

Prodi sendiri adalah singkatan dari program studi. Apa yang dimaksud dengan prodi ? Berdasarkan UU NO 12 TH 2012 mengenai Pendidikan Tinggi. Program studi adalah suatu kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang mempunyai kurikulum dan sistem pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi dan / pendidikan vokasi.

Program studi merupakan bagian dari jurusan. Dalam satu jurusan, terdapat beberapa program studi turunan sebagai fokus bidang peminatan yang akan diambil oleh mahasiswa. Contohnya jurusan sejarah mempunyai 2 cabang program studi yakni ilmu sejarah dan pendidikan sejarah. Keduanya akan mempelajari hal yang mirip, akan tetapi dibedakan oleh tujuan perkuliahannya.

Perbedaan Prodi dan Jurusan

Saat sewaktu sekolah dulu mungkin Anda sering mendengar istilah “jurusan” yang identik dengan jurusan IPA, IPS, dan BAHASA. Di kampus, Anda mungkin sering mendengar istilah jurusan dan program studi sehingga kadang membuatmu bingung. Sebenarnya bedanya apa sih prodi dan jurusan itu ?

Sebenarnya di beberapa universitas atau sekolah tinggi, penggunaan istilah prodi/jurusan berbeda-beda. Di kampus yang belum terlalu banyak jurusannya, biasanya penggunaan istilah jurusan/prodi itu sama. Sedangkan di beberapa kampus ternama yang terdapat banyak jurusan menggunakan kaedah urutan program studi turunan dari jurusan. Untuk lebih memahami konsepnya bisa simak bentuk hierarki dari ilustrasi dibawah ini

Universitas : UGM

Fakultas : Ilmu Budaya (FIB)

Jurusan : Sejarah

Program Studi : Ilmu Sejarah, Pendidikan Sejarah,

Nah, itu tadi penjelasan seputar pengertian universitas, kampus, fakultas, jurusan, program studi, beserta perbedaannya. Bagaimana sudah paham kan ? Jangan sampai saat hendak mendaftar kuliah Anda masih bingung dan salah pilih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.