Penasaran dengan UMY ? Berikut cara masuk ke UMY

 

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang cara mendaftar menjadi mahasiswa di UMY. Sebelumnya sudah tahu kan apa itu UMY ? UMY atau Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu universitas terbaik swasta di Yogyakarta yang memiliki akreditasi unggul.

Dilansir dari web umy.ac.id, sebagai universitas dengan akreditasi unggul UMY memiliki 8 Fakultas dengan 27 program sarjana dan memiliki 3 program Vokasi serta 10 program studi Pasca sarjana. UMY membuka pendaftaran dari berbagai jalur, berikut jalur masuk UMY :

  1. Jalur Prestasi

Jalur prestasi adalah pola seleksi camaba (Calon Mahasiswa Baru) melalui bidang akademik atau minat bakat tertentu. Kabar baiknya, semua program studi di UMY menerima mahasiswa baru melalui jalur ini tentunya dengan pengaturan kuota serta seleksi yang telah ditentukan. Jalur ini terbagi menjadi 3 yaitu :

a. PMDK (Penerimaan Berdasar Minat dan Kemampuan)

Seleksi ini berdasar pada prestasi akademi semester 1 s.d 5 dengan rata – rata minimal 7,0.

b. Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB)

PSB ini ditujukan bagi camaba yang memiliki prestasi di berbagai bidang seperti olahraga, seni maupun budaya.

c.  PBUP (Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan)

PBUP ditujukan bagi camaba angkatan muda Muhammadiyah yang aktif dalam organisasi otonom dalam lingkup persyarikatan Muhammadiyah.

2. Jalur Computer Based Test (CBT)

CBT merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan proses seleksi berbasis computer yang dilaksankan di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Nah sobat, kelebihan dari tes ini sobat bisa mengetahui langsung hasil dari tes yang dilakukan.

3. Jalur Surat Keterangan Lulus (SKL)

Alternatif lain untuk daftar di UMY ialah menggunakan jalur seleksi dengan menggunakan SKL parameter yang digunakan ialah dnegan melihat nilai pada SKL atau Ijazah.

4. Jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Nah, bagi sobat yang sudah mengikuti UTBK untuk Masuk Perguran Tinggi Negeri, nilai yang didapat di UTBK dapat digunakan dalam tes ini untuk dilakukan seleksi.

5. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ Aisyiyah (SBMPTMu)

Jalur seleksi ini adalah seleksi bersama yang dilakukan secara bersama perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

Nah gimana nih sobat ? Banyak pintu untuk masuk UMY kan ? untuk lebih jelasnya sobat semua bisa melihat di situs resmi admisi UMY  disana sobat bisa mendapatkan informasi terlengkap tentang pendaftaran ke UMY. Sobat juga bisa menambahkan komentar dibawah artikel ini jika tertarik untuk masuk UMY.

 

 

 

 

 

Related Posts

One thought on “Penasaran dengan UMY ? Berikut cara masuk ke UMY

Leave a Reply

Your email address will not be published.