Pekerjaan Keren yang Cocok Untuk Lulusan Prodi KPI

Lulus dari masa perkuliahan pasti senang rasanya. Artinya kita harus semakin fokus dengan masa depan kita. Waktunya untuk mulai melangkah ke level kehidupan selanjutnya. Salah satunya yaitu dunia kerja. Pastinya kamu bukan satu-satunya mahasiswa yang berhasil lulus dan sedang mencari pekerjaan. Tentunya persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat. Maka dari itu kita perlu tahu terlebih dulu kemana peluang profesi yang paling sesuai dengan jurusan kuliah yang kita lewati.

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakan salah satu jurusan yang terdapat di perguruan tinggi Islam. Berbeda dengan jurusan komunikasi atau ilmu komunikasi pada umumnya, mahasiswa jurusan KPI tidak hanya dibekali teori atau skill seperti halnya di jurusan komunikasi secara umum, tetapi juga dibekali ilmu agama yang mempelajari penyiaran berbasis islami (dakwah).

Profesi pekerjaan yang bisa dimasuki oleh alumni jurusan KPI ini sangat luas, meskipun berbasis islami, namun peluang kerja ke depan tidak kalah dengan lulusan jurusan komunikasi / ilmu komunikasi pada umumnya yang sangat luas dan dapat masuk ke dalam sektor manapun diantaranya adalah:

Jurnalis/Wartawan

Di KPI mahasiswa belajar bagaimana dasar-dasar dari jurnalistik, broadcasting dan reportase. Sehingga tak heran jika banyak lulusan jurusan komunikasi / KPI yang terjun ke dunia ini. Di jurusan ini kita bisa menekuni profesi ini baik untuk media cetak, elektronik, ataupun online. Terlebih lagi sekarang banyak lowongan pekerjaan yang membuka freelance jurnalis ataupun sebagai jurnalis tetap.

https://kpi.umy.ac.id/index.php/profil/fasilitas/

Penyiar Berita/Presenter

Ilmu tentang public speaking juga diajarkan di jurusan KPI. Tak jarang juga mahasiswa KPI yang sudah melakukan Praktik Pengalaman kerja di stasiun TV tertentu. Seorang pembawa berita akan menginformasikan sebuah peristiwa yang didapat dari wartawan kemudian ditayangkan pada televisi, pembawa berita biasanya menyiarkan secara langsung dari studio TV dimana mereka bekerja. Untuk jurusan KPI juga sangat tidak asing dengan profesi ini, sehingga sangat memungkinkan menjadi penyiar berita.

Penyiar Radio

Tidak berbeda dengan Penyiar Berita di atas, Penyiar Radio juga memiliki tugas yang sama. Hanya berbeda di medianya saja. Maka tak heran jika profesi ini memang sangat relevan dengan jurusan KPI, karena pada dasarnya jurusan ini mengacu dengan penyiaran, baik umum maupun yang berbasis agama. Hal ini juga sudah didukung oleh mata kuliah yang diajarkan di kampus seperti dasar-dasar siaran radio, juga didukung oleh komunitas di kampus yang mendukung pengembangan skill di bidang siaran radio.

Fotografer dan Sineas Film

Tak kalah dengan lulusan jurusan komunikasi, KPI juga diajarkan materi yang berkaitan dengan fotografi dan produksi video. Selain itu juga banyak tugas yang mengharuskan mahasiswa untuk membuat video pendek. Sehingga lulusan KPI juga mampu untuk menggeluti bidang profesi ini.

Konselor

Untuk profesi yang satu ini memang tidak semua KPI di Indonesia ada. Akan tetapi di KPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selain diajarkan hal yang berkaitan dengan broadcasting, juga diajarkan tentang ilmu-ilmu konseling. Sehingga pilihan pekerjaan juga semakin banyak.

Da’i

Seorang da’i pasti terlibat dalam dakwah atau aktivitas menyiarkan, menyeru, dan mengajak orang lain untuk beriman, berdoa, atau untuk berkehidupan Islam. Profesi ini juga sangat relevan dengan jurusan KPI juga dapat dikatakan ini adalah profesi yang mengacu pada jurusan KPI (penyiaran berbasis Islami) yang notabene termasuk ke dalam fakultas dakwah. Karena ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini banyak mengandung unsur-unsur Islami, sehingga sangat memungkinkan mahasiswa jurusan ini menjadikan da’i sebagai profesi yang akan dituju di masa yang akan datang.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.