Pecinta Astronomi, Wajib Kunjungi Museum Ini!

Mempunyai ketertarikan atau hobi terhadap sesuatu maka seseorang akan mencari tahu lebih banyak tentang hal tersebut. Ada banyak media dan metode yang dapat digunakan, salah satunya mengunjungi museum. Beragam museum tersebar di seluruh penjuru dunia dengan berbagai kategori. Nah buat kalian yang mengklaim pecinta astronomi, bisa mengunjungi museum ini. Tentunya setelah pandemi berakhir ya, sekarang simpan dulu di list!

Museum ini merupakan musieum dengan planetarium terbesar di dunia dan baru akan dibuka pada 17 Juli 2021 ini. Sedangkan akses untuk umum akan dibuka satu hari setelahnya. Museum ini bernama Museum Astronomi Shanghai dan berlokasi di China.

Planetarium yang dimiliki oleh museum ini memiliki luas sekitar 58.600 meter persegi dan terletak di Kawasan Khusus Lingang Percontohan Perdagangan Bebas China dan merupakan bagian dari Museum Sains dan Teknologi Shanghai. Museum ini memiliki teater kubah definisi dan area pameran dengan berbagai tema.

Sejauh ini, planetarium telah mengumpulkan sekitar 70 meteorit, termasuk yang berasal dari Bulan, Mars, dan Vesta. Selain itu, beberapa meteorit terkenal yang jatuh di berbagai belahan bumi juga akan dipamerkan. Diantaranya adalah Meteorit Sganghai Changxing Island (1966), Meteorit Suizhou (1986), Meteorit Juancheng (1997), dan Meteorit Naqu (2020) dari China. Sikhote-meteorit Alin (1947) dan meteorit Chelyabinsk (2013) yang berasal dari Rusia juga turut ditampilkan.

Selain dari kedua negara tersebut, meteorit asal Amerika bernama Gibeon dan Barringer yang sudah ada sejak prasejarah Namibia dan zaman Pleistosen juga ada di museum ini. Tak ketinggalan, karya asli dari Isaac Newton, Galileo Galilei, dan Johannes Kepler juga ada loh di museum ini.

Menariknya, planetarium ini dilengkapi dengan teknologi visualisasi data, augmented reality, virtual reality, dan biometrik. Sehingga kamu dapat terbantu dalam memperoleh pengetahuan tentang astronomi dan sains melalui interaksi. Ada beberapa fasilitas tambahan di planetarium ini, yakni pusat eksplorasi kaum muda dan dua observatorium untuk umum. Di sini juga dihadirkan sebuah Teater Dome besar dengan diameter dalam 23 meter dan diameter luar 30 meter. Jangan lupa untuk datang ya.

 

Penulis : Sri Fatimah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.