Palapa Wetan Consulting Menangkan Juara 3 VAPA

Ibarat tak mengenal waktu dan kondisi, mahasiswa Indonesia kembali menambah pundi-pundi prestasi di kancah nasional maupun internasional. Terbaru, tim Palapa Wetan Consulting yang berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menyabet juara 3 dalam ajang Venezuela Energy Solutions Case Study Competition.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Venezuelan American Petroleum Association (VAPA) pada 22 Mei 2021 kemarin dan diikuti oleh 75 tim dari 16 negara. Pada kompetisi ini, tim Palapa Wetan Consulting beranggotakan empat orang dari berbagai program studi dan berhasil meraih hadiah berupa uang senilai 800 dolar Amerika Serikat.

Vincentius, salah satu anggota tim mengatakan bahwa Palapa Wetan berhasil menjadi tim non Venezuela yang mendapatkan peringkat tertinggi. Hal ini dikarenakan juara pertama dan kedua diraih oleh tim dari Venezuela. Tim Palapa Wetan berhasil mengalahkan tim dari Spanyol dan Kanada. Bahkan, tim ini menjadi satu-satunya tim dari Indonesia dan Asia yang lolos ke babak final enam besar.

“Kompetisi Venezuela Energy Solutions Case Study Competition dilakukan secara daring dan terdiri dari tiga tahap, yakni esai, semifinal, dan final. Pada tahap semifinal, peserta diminta mengajukan solusi strategi beserta roadmap untuk menyelesaikan permasalahan krisis energi di Venezuela hingga tahun 2050. Solusi yang ditawarkan dituangkan dalam bentuk presentasi dan peserta diminta untuk mengumpulkan video presentasi dari slide yang telah dibuat dengan durasi 10 menit. Video inilah yang kemudian menjadi pertimbangan dewan juri untuk menyeleksi enam tim finalis,” jelas Vincentius.

Tim Palapa Wetan memaparkan solusi berjudul “The STAR Energy: Sustainability Through the Affordable and Renewable Solution for Venezuela Energy Development”. Solusi yang ditawarkan adalah berbagai jenis energi dengan segala permasalahannya. Dari berbagai jenis energi tersebut dikerucutkan dan dioptimalkan di beberapa jenis, di antaranya adalah migas dan energi terbarukan.

Vincentius berharap melalui solusi yang ditawarkan, akan tercipta ketahanan energi Venezuela di kemudian hari. “Bahkan juga di negara kita sendiri, Indonesia. Dengan keberhasilan ini semakin memotivasi kami untuk menorehkan prestasi dalam berbagai kompetisi internasional guna mengharumkan nama Indonesia, khususnya di bidang sains dan teknologi,” tutupnya. (Sraii)

 

Penulis : Sri Fatimah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.