Oceanography dan Ilmu Kelautan, Sama-Sama Laut Tapi Ternyata Beda Lho!

Untuk kalian yang lagi bingung mencari jurusan apa yang mau kalian masuki sebagai seorang mahasiswa, pasti kalian pernah mendengar tentang ‘oceanography’ kan? Nah, kalian juga pernah mendengar tentang ilmu kelautan? Sebenarnya sama engga si antara ‘oceanography’ dan ilmu kelautan? Apakah mereka mempelajari hal yang sama yaitu laut dan kurikulum mereka sama?

Wah, kalau kalian mengira mereka sama karena sama-sama tentang laut ternyata kalian keliru lho. Meskipun jika diartikan ‘oceanography’ berarti ilmu samudra atau kelautan, tapi apa yang dipelajari oleh mahasiswanya ternyata berbeda. Simak yuk, perbedaannya apa saja.

Oceanography

Jurusan ini lebih menitik beratkan kepada ekspolarsi terhadap laut. Dilansir dari ruangguru.com Oceanography mempelajari berbagai fenomena laut yang kemudian bisa diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Oceanography juga bersifat lebih eksploratif. Mahasiswa jurusan ini akan mengamati berbagai fenomena yang terjadi di laut secara lebih mendalam melalui kegiatan ekplorasi dan observasi. Mulai dari perubahan kondisi air laut, bagaimana kehidupan biota di dalamnya, atau bahkan melacak penyebab terjadinya bencana alam kelautan.

Ilmu Kelautan

Jurusan ini akan menitik beratkan pembelajarannya kepada fisika, biologi, matematika yang berhubungan dengan keadaan laut dan kondisi laut. Dilansir dari Quiper, Ilmu Kelautan merupakan cabang dari ilmu bumi yang mempelajari lautan. Topik pembahasan di jurusan ini antara lain meliputi organisme laut, dinamika ekosistem laut, geologi dasar laut, arus samudera, gelombang, dan dinamika cairan geofisika. Selain itu, para mahasiswa dari program studi Ilmu Kelautan juga membahas tentang fenomena atmosfer langit yang mempengaruhi keadaan kondisi laut. Oleh karena itu, tidak heran jika dalam proses pembelajarannya mereka (mahasiswa) akan membahas isu-isu mengenai perubahan iklim, potensi pemanasan global, dan masalah biosfer terkait.

Dari kedua jurusan tersebut ternyata terdapat fun fact, yaitu jumlah kampus yang menyediakan jurusan Oceanography. Di Indonesia, hanya ada dua kampus yang menyediakan jurusan Oceanography yaitu Universitas Diponegoro dan Institut Teknologi Bandung. Wah, pasti persaingannya tinggi ya.

Nah, sudah tahukan sekarang apa perbedaannya. Jangan sampai salah lagi ya apalagi berfikir bahwa mereka jurusan yang sama dengan asumsi Oceanography adalah istilah Bahasa Inggris dari Ilmu Kelautan. Yuk share ke yang lain, biar makin banyak orang tau!

 

Sumber: Ruangguru.com dan Quiper.campus.com

sumber foto : Doc. Easyuni.com

Penulis : Sibakhul Milad

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.