NUS Kampus Terbaik di Asia

National University of Singapore (NUS) pada tahun 2022 ini dinobatkan sebagai kampus terbaik dunia di urutan 11 versi QS World University Rangkings 2022. Posisi ini pun mengukuhkan NUS sebagai kampus terbaik nomor satu di Asia.

Jika berbicara mengenai melanjutkan pendidikan di luar negeri, nama Singapura mungkin memang belum menjadi pilihan utama di mata para mahasiswa, dibandingkan dengan negara-negara lain yang lebih populer seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Australia, namun ternyata negara yang mendapatkan julukan negara singa ini merupakan rumah bagi beberapa kampus prestisius di dunia, salah satunya adalah National University of Singapore (NUS) ini. Maka dari itu, mari kita bedah secara mendalam mengenai kampus terbaik di Asia ini:

Sumber: suneducationgroup.com

Salah Satu Universitas Prestisius di Dunia

Kampus yang biasa disingkat menjadi NUS ini merupakan salah satu kampus prestisius di dunia. Hal ini bisa dilihat dari betapa kompetitifnya persaingan untuk dapat menjadi bagian dari NUS. Bayangkan saja acceptance rate dari kampus ini hanya mencapai angka 5-7% setiap tahunnya. Angka tersebut hampir sama dengan acceptance rate Harvard University yang hanya menerima sekitar 4,7% dan Stanford University yang hanya menerima 5,7% dari total pelamar setiap tahunnya. Jadi ketika kamu memutuskan untuk mendaftar di kampus ini, siap-siap untuk memperebutkan spot yang sangat terbatas dengan ribuan pendaftar lainnya. Jika kamu berhasil menjadi one of a kind 5% ini, bayangkan betapa membanggakannya hal tersebut.

Universitas dengan Alumni Sukses dari Seluruh Dunia

Sumber: nus.edu.sg

Seperti universitas prestisius lainnya, NUS juga dipenuhi oleh alumni-alumni yang sukses berkarir tidak hanya di negara asal mereka, namun dunia. Kampus ini juga merupakan rumah bagi pemimpin-pemimpin dunia, sebut saja nama besar seperti Tony Tan dan S. R. Nathan yang merupakan mantan presiden Singapura, Mahathir Mohamad yang merupakan Perdana Menteri Malaysia, dan Margareth Chan yang merupakan director general dari organisasi dunia United Nations, tepatnya World Health Organization.

Tersedia Banyak Beasiswa

Sumber: esqcourse.com

Bagi mahasiswa, hidup melanjutkan studi di Singapura mungkin memang agak berat, mengingat Singapura adalah salah satu negara dengan biaya hidup tinggi. Namun jika biaya menjadi kendala, maka beberapa beasiswa seperti Asean Undergraduate Scholarship, Science & Technology (S&T) Undergraduate Scholarship, volve Warrior Scholarship, dan beberapa beasiswa lainnya bisa jadi jalan. Namun perlu digarisbawahi bahwa pendaftar beasiswa ini sangatlah kompetitif dan ketat.

Akses Lokasi

Sumber: aseanbriefing.com

Homesick merupakan ketakutan terbesar para mahasiswa yang melanjutkan studi keluar negeri, namun dengan menjadi mahasiswa NUS yang terletak di Singapura, negara yang bertetanggaan dengan Indonesia, maka hal ini akan memberikan privilege kepada mahasiswa Indonesia untuk menghilangkan jarak. Para mahasiswa pun pasti tidak akan kesulitan menjangkau baik itu Singapura maupun Indonesia dalam waktu yang singkat.

Itulah tadi pembahasan lebih dalam mengenai NUS. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor   : Sakinah

Related Posts

One thought on “NUS Kampus Terbaik di Asia

Leave a Reply

Your email address will not be published.