Nikmatnya Lulus Tanpa Mengerjakan Skripsi

Skripsi bagi sebagian mahasiswa adalah salah satu momok yang menakutkan. Berbagai bayangan buruk muncul jika berbicara masalah skripsi. Dari mulai pencarian literatur yang susah, topik pembahasan yang belum dikerjakan, sampai dosen pembimbing yang “ilang-ilangan”. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa skripsi adalah benteng terakhir menuju penyerahan toga wisuda.

Sebenarnya, beberapa institusi dan universitas di Indonesia sudah membuat beberapa peraturan internal yang bisa menjadikan mahasiswanya lulus tanpa mengerjakan skripsi. Nah, apa sajakah itu? Yuk simak di bawah ini, siapa tahu kalian ingin mengambil salah satu jalur kelulusan ini.

1. Mendapatkan Medali di Pimnas

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasioanal atau PIMNAS adalah salah satu ajang bergengsi di kalangan mahasiswa. Di sana terdapat banyak gagasan, pemikiran, inovasi dari mahasiswa seluruh Indonesia. Ditambah lagi, ajang pimnas juga diikuti oleh seluruh peserta dari mahasiswa seluruh Indonesia. Alhasil, Lembaga Pendidikan atau Universitas yang berhasil mengirimkan kontingennya sampai pada final PIMNAS akan mendapatkan nilai tinggi pada akreditasi universitas. Hal itu pulalah, yang melatari bahwa barang siapa yang bisa membawa medali emas pada ajang PIMNAS maka mereka bisa lulus tanpa mengerjakan skripsi. Beberapa universitas di Indonesia sudah menerapkannya seperti UNY, UMY, UGM, dan banyak lagi.

2. Publikasi Ilmiah di Jurnal Terakreditasi

Baru-baru ini, tiga mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil lulus tanpa mengerjakan skripsi sama sekali. Usut punya usut, ketiganya berhasil mempublikasikan artikel mereka di jurnal nasional terindeks SINTA 2. Dilansir dari laman Republika, Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), M Fitrah Ashary Bangun, Andhika Rahmat, dan Igo Ilham Hilabi mampu lulus kuliah tanpa skripsi.

Hal ini sejalan dengan surat keputusan yang dikeluarkan oleh pihak UMM bahwa mahasiswa yang berhasil mempublikasikan karyanya, akan mendapatkan sebuah kesempatan lulus tanpa skripsi.

Nah, itu dia jalur lulus tanpa skripsi yang bisa kalian jalani jika kalian antipati dengan skripsi. Pilih mana skripsian atau juara di PIMNAS, atau malah mempublikasikan karya? Apapun itu, haruslah ada perjuangan dan pengorbanan yang sungguh-sungguh ya.

 

Source: REPUBLIKA.CO.ID

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.