Nggak Cuma Bangunan, 5 Universitas Ini Punya Danau di Dalam Kampus

Lingkungan menjadi salahsatu faktor penting untuk proses belajar dan mengajar. Sudah banyak para peneliti yang meneliti tentang pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar dan sebagian besar dari penelitian mereka menunjukan bahwa tempat atau lingkungan menjadi salah satu supporting system dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar. Kampus yang nyaman diharapkan mampu membuat mahasiswanya nyaman dan senang di dalam lingkungan kampus sehingga atmosfer belajar dan mengajar dapat terus terjaga di lingkungan kampus. Tidak hanya bangunan, namun beberapa universitas bahkan memiliki danau di dalam lingkup kampus yang membuat lingkungan mereka nyaman bagi para mahasiswa dan seluruh komponen di dalamnya. Berikut 5 universitas yang memiliki danau di dalam lingkungan kampusnya:

  1. Universitas Indonesia
Doc. https://www.tamanrahasiacha.com/

Universitas yang menjadi impian banyak pelajar di Indonesia memiliki enam danau buatan ikonik yang selalu menjadi spot foto ketika wisuda mahasiswa UI digelar. Disadur dari Okenews.com enam danau itu yakni Kenanga, Agathis, Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam yang disingkat KAMPUS. Enam danau itu dibuat secara bertahap sejak 1983 dan diresmikan pada 1987. Selain menjadi danau pribadi milik UI, danau ini juga berfungsi sebagai resapan air di daerah Depok saat hujan turun.

  1. Universitas Airlangga
Doc. unair.ac.id

Unversitas kedua yang memiliki danau di dalam lingkungan kampusnya adalah Universitas Airlangga (UNAIR). Universitas dengan lambang dewa ini, memiliki danau di dalam kampusnya. Di sekitaran  lingkungan danau ini juga disediakan track jogging untuk para mahasiswanya dan menjadi salah satu ikon dari UNAIR itu sendiri. Tidak hanyak itu, danau di UNAIR ini juga menjadi habitat angsa yang sengaja diletakan oleh pihak kampus untuk menjadi salahsatu ekosistem kampus.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Tidak hanya menjadi tempat tumbuhnya calon ilmuwan di bidang petanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) juga menyediakan fasilitas tempat belajar yang asyik dengan adanya danau di lingkungan kampus mereka. Danau yang mereka miliki juga menjadi salah satu tempat belajar para mahasiswanya untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengairan dan irigasi lahan persawahan. Sehingga mahasiswanya akan belajar tidak hanya di bangku kelas, namun juga bisa terjun langsung di lingkungan dunia pertanian salah satunya sistem irigasi dan pengairan.

Doc.tribunnews.com
  1. Universitas Riau
Doc. idntimes.com

Selanjutnya ada universitas yang berasal dari Pekanbaru yaitu Unversitas Riau. Dalam lingkup kampusnya tidak hanya danau, tapi juga terdapat jembatan yang digunakan untuk tempat berswafoto dan menjadi salahsatu tempat untuk berlibur atau sejenak melepaskan pikiran dan penat bagi para mahasiwa UNRI.

  1. Universitas Hasanuddin Makasar
Doc. kompasiana.com

Universitas yang mengambil nama pahlawan asli dari Makasar yaitu Sultan Hasanuddin mengonsep kampusnya menjadi kampus yang memiliki ekosistem dan lingkungan yang mendukung bagi para mahasiswa dan sivitasnya. Salah satunya adalah dengan adanya danau yang memiliki nuansa sejuk dengan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang di sekliling danau.

Gimana? Sudah terbanyangkan seru dan asyiknya kampus-kampus tersebut? Kampus kalian punya danau atau tempat ikonik lainnya? Yuk tulis dikolom komentar!

 

Penulis ; Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.