Monash University Indonesia, Kampus Asing Pertama Di Indonesia

Kemajuan zaman dan kemudahan teknologi tidak bisa dibendung lagi di berbagai hal termasuk Indonesia. Kampus yang menjadi sarana belajar dan mengajar tidak lagi dibatasi oleh jarak dan waktu. Selain itu, beberapa kampus di dunia juga memulai untuk melakukan pembelajaran tidak hanya di negara asal namun mulai merambah ke berbagai negara. Baru-baru ini Indonesia menerima kabar baik dengan adanya kampus dari Australia yaitu Monash University yang membuka kesempatan sebagai penyedia pendidikan di Indonesia. Monas University Indonesia, begitulah nama yang disematkan oleh pihak kampus induk terhadap kampusnya yang berada di Indonesia.

BDS Green Office Park di Jakarta Selatan akan menjadi lokasi kampus Monash University Indonesia

Lebih lanjut, pembukaan perkuliahan akan dimulai pada senin (4/10) mendatang dengan masa orientasi mahasiswa sebagai awal kegiatan. Dilansir dari CNN Indonesia, Rektor Monash University Indonesia, Profesor Andrew MacIntyre, mengatakan kehadiran fisik kampus Monash di Indonesia merupakan komitmen mereka untuk Indonesia dan wilayah Asia secara umum. “Visi bersama antara Monash University dan Pemerintah Indonesia adalah menciptakan berbagai pengetahuan yang dapat berkontribusi secara luas terhadap pembangunan sektor sosial, teknologi dan ekonomi di Indonesia,” tambah Maclntyre.

Adapun jurusan yang dibuka oleh Monash University Indonesia adalah jurusan dengan orientasi masa depan seperti Sains Data (Data Science), Kebijakan Publik (Public Policy), Desain Perkotaan (Urban Design) serta Inovasi Bisnis (Business Innovation).

Usut punya usut ternyata dibukanya kampus ini adalah hasil dari negosiasi Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Scott Morisson pada lawatannya 20 Februari 2020 silam. Hal ini merupakan suatu kebanggan bagi Indonesia bahwasannya Indonesia diharapkan mampu menyaingi negara berkembang lainnya dengan adanya kampus dari negara maju. Monash University tidak bisa disebut sebagai kampus yang biasa-biasa di Australia. Setidaknya, ada banyak para pemburu beasiswa dengan tujuan kampus tersebut. Hadirnya kampus Monash University Indonesia, diharapkan mampu menjadi angin segar dalam persiapan Indonesia menyongsong masa depan dengan sumber daya manusia yang mumpuni.

 

 

 

Source: cnnindonesia.com

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.