MIT Kampus Legendaris Penghasil Engineer dan Pemikir Hebat Dunia

MIT (Massachusetts Institute of Technology) didirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka pada tahun 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain seperti manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan biologi.

MIT resmi didirikan pada 10 April 1861 oleh persemakmuran Massachusetts. Namun, baru pada tahun 1865 kelas pertama dimulai karena adanya perang saudara. MIT didirikan oleh Profesor Filsafat Alam di College of William and Mary bernama William Barton Rogers. Alumninya yang terkenal diantaranya Gubernur Federal Reserve Ben Bernanke, Mantan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, Chief Economic Adviser India Raghuram Rajan, fisikawan Richard Feynman, mantan Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband, mantan Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos, dan mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan.

Alumni MIT juga menjadi pendiri banyak perusahaan terkemuka, antara lain Intel, McDonnell Douglas, Texas Instruments, 3Com, Qualcomm, Bose, Raytheon, Koch Industries, Rockwell International, Genentech, Dropbox, dan Campbell Soup. Menurut sebuah koran Inggris, The Guardian, “sebuah survei yang dilakukan terhadap alumni MIT menunjukkan bahwa mereka setidaknya telah mendirikan 25.800 perusahaan baru yang mempekerjakan lebih dari tiga juta orang, termasuk lebih dari seperempat dari perusahaan-perusahaan yang ada di Silicon Valey.

Baru-baru ini, QS World University Rankings (WUR) telah merilis daftar pemeringkatan universitas terbaik dunia di tahun 2022. QS menilai dari pemeringkatan terhadap 1.300 universitas top dunia dan tahun ini hanya terjadi sedikit pergerakan di peringkat teratas. Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Oxford dan Stanford University masih menjadi tiga besar universitas terbaik dunia. Hingga saat ini, MIT menawarkan 44 gelar sarjana dengan berbagai kajian ilmu seperti Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Tata Kota, Teknik Mesin, Elektro, Metalurgi, Ilmu Komputer, Biologi, Rekayasa Biologi, Komputasi dan sistem biologi, Fisika, Aeronautics, Matematika, Sistem Rekayasa, Sains dan Teknologi Nuklir, Perhitungan Desain dan Optimasi, Ilmu Otak dan Kognitif, Operasi Research Centern, Antropologi, Linguistic , Ilmu kesehatan dan Teknologi, Politik, Sejarah hingga ekonomi bisnis.

 

Source:

https://www.mit.edu/

https://en.wikipedia.org/wiki/Massachusetts_Institute_of_Technology

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/13/101442771/5-fakta-tentang-mit-universitas-terbaik-nomor-1-dunia-versi-qs-wur?page=all

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.