Menjadi Mahasiswa Kuat Saat Puasa Ramadhan

Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang mulia, bulan yang penuh ampunan, dan bulan yang penuh perjuangan terutama untuk kamu yang menjadi anak rantau di kota yang jauh dari rumah dan orang tua. Menyiapkan ta’jil sendiri, sahur pun sendiri. Ditambah lagi antrian deadline yang harus segera kamu selesaikan.  Tak jarang hari-hari menjadi terasa lemas dan tak bersemangat. Tapi jangan khawatir, ada tips untuk kamu yang bisa menguatkan stamina untuk melakukan aktifitas di bulan Ramadhan ini.

  1. Awali Aktivitasmu dengan Sahur yang Bergizi

Pilihan menu saat sahur berpengaruh untuk kuatnya tubuhmu saat melakukan aktifitas selama berpuasa. Jika kamu malas untuk memasak sendiri hidangan sahurmu, tak sedikit masjid yang menyediakan makanan untuk sahur bersama, atau barangkali kampus kamu menyediakan sahur juga walaupun harus mengantri panjang. Karena sahur itu hal yang penting untuk orang yang akan berpuasa. Usahakan jangan sampai melewatkan sahur. Selain itu sahur sangat dianjurkan dan banyak keutamaan serta pahala di dalamnya.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuhmu dengan Minum

Hal ini sering disepelekan oleh kebanyakan mahasiswa. Merasa sudah terlalu kenyang kamu sering menyepelekan air minum di saat sahur dan berbuka puasa. Padahal salah satu faktor yang menyebabkan badan kamu terasa lemas  dan kurang fokus yaitu kurangnya cairan yang diperoleh dari minuman yang kamu konsumsi. Minuman terbaik ketika sahur dan berbuka puasa adalah air putih. Pola terbaik agar kebutuhan cairan dalam tubuhmu terpenuhi yaitu 2-4-2, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

  1. Hindari Begadang di Malam Hari

Memang tugas deadline menuntut kita untuk bekerja lebih ekstra di luar waktu kuliah formal, akan tetapi di sini waktunya kamu untuk semakin mengatur manajemen waktu kamu untuk kuliah/belajar, mengerjakan tugas, dan yang utama juga beribadah di bulan puasa ini. Tidur yang cukup akan membuatmu semakin fresh ketika bangun dari tidurmu. Selain itu kerja otak kamu akan lebih fresh di pagi hari.

  1. Jangan Terburu-buru dalam beraktivitas

Terburu-buru seperti saat pergi ke kampus atau kuliah, bisa menyebabkan tenaga yang dikeluarkan lebih banyak. Sehingga kamu akan mudah kelelahan. Untuk itu, kamu harus bisa memanajemen waktu dengan baik. Hindari tidur setelah sahur. Akan lebih baik menggunakan waktu itu untuk mengerjakan hal-hal lain, seperti membersihkan kamar, atau menyelesaikan tugas kuliah.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.