Mengulik Fakta Perguruan Tinggi Indonesia

Sebagai mahasiswa, pernahkah kalian berfikir atau sekedar mengira-ngira jumlah mahasiswa yang ada di Indonesia? Berapakah jumlah perguruan tinggi di Indonesia? Mengapa terasa seperti di setiap daerah kabupaten memiliki sekolah tinggi atau universitas? Berapakah jumlah dosen dan jurusan yang ada di Indonesia? Nah, untuk menjawab rasa penasaran itu, kalian tidak perlu mencari dari sumber yang tidak jelas dan tidak valid. Pernahkah kalian mendengar pangkalan data dikti? Nah, PDDikti merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Di dalamnya kalian akan menemukan beberapa data lengkap berkaitan dengan data perguruan tinggi dari jumlah mahasiswa, sampai profil lulusan seorang dosen. Mari kita jawab pertanyaan umum yang sering ditanyakan mahasiswa ini.

  1. Berapa jumlah mahasiswa di Indonesia?

Jawabannya adalah 8,835,490 mahasiswa. Wow! Jumlah yang banyak jika dibandingkan dengan jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang hanya 4.574 perguruan tinggi. Kita misalkan saja pembagian rata dan tidak dibedakan berdasarkan akreditasi dan status apakah swasta atau negeri maka jumlah rerataan setiap perguruan tinggi akan memiliki mahasiswa sejumlah 1.932 mahasiswa. Sayangnya, dikarenakan beberapa ketentuan misalnya akreditasi dan penggolongan swasta atau negeri penyebaran mahasiswa tidak merata. Tidak jarang dijumpai dalam satu penerimaan mahasiswa baru, sebuah universitas menerima lebih dari 5000 mahasiswa baru. Sedangkan, di sisi lain ada universitas yang menerima hanya 200 mahasiswa baru.

  1. Berapa jumlah program studi di Indonesia?

Jawabannya adalah 35,886 Program Studi. Jumlah tersebut bukan berarti ada lebih dari 35 ribu jurusan ya. Artinya bahwa total program studi di Indonesia jika diakumulasi akan berjumlah demikian. Untuk mendukung lebih dari 35 ribu program studi, maka jumlah dosen di Indonesia adalah 293,947 dosen. Dengan data demikian, tak heran jika kalian akan menemukan beberapa jurusan yang sama di beberapa universitas di Indonesia.

  1. Apakah jurusan dengan mahasiswa terbanyak di Indonesia?

Jawabannya adalah jurusan pendidikan. Tahukah kalian menurut data PDDikti, jumlah mahasiswa pendidikan di Indonesia mencapai angka 1,3 juta dan diikuti oleh jurusan ekonomi dengan 1,1 juta mahasiswanya. Dengan demikian, program studi pendidikan juga menempati urutan pertama dalam jumlah jurusan terbanyak di Indonesia.

Nah, itulah beberapa fakta yang bisa kalian temukan di situs milik pemerintah tersebut. Situs tersebut dinilai valid oleh beberapa praktisi dan peneliti karena pengumpulannya dilakukan secara serentak dan sistematis. Di sisi lain, DIKTI sebagai pemangku jabatan pendidikan tinggi adalah satu-satunya lembaga yang harus memiliki data tersebut untuk disajikan kepada masyarakat luas.

 

Source: https://pddikti.kemdikbud.go.id/

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.