Mengenal Program Studi Agribisnis Sekaligus Mengetahui Prospek Kerjanya

Jurusan Agribisnis merupakan salah satu program penelitian yang berkaitan dengan ilmu pertanian. Sektor ini juga dikenal sebagai sektor sosial ekonomi pertanian. Kata “usaha” dalam Departemen Agribisnis mengacu pada peran lulusan dalam memaksimalkan keuntungan dari produk pertanian yang mereka hasilkan.

Dengan menggabungkan ilmu pertanian dan ekonomi, Departemen Agribisnis akan mengkaji upaya manusia untuk mengembangkan sumber daya alam dan lingkungan agar lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan hidup dan menghasilkan produk yang menguntungkan.

Jika Anda melanjutkan pendidikan di program studi Agribisnis, beberapa mata kuliah yang akan Anda temui adalah Teori Ekonomi Makro, Kewirausahaan Agribisnis, Sistem dan Bisnis Agribisnis, Risiko Agribisnis, Pertanian, Bisnis Internasional, dan lainnya. Dengan mempelajari semua materi tersebut, mahasiswa akan dapat mengembangkan rencana bisnis di bidang agribisnis, memahami sistem agribisnis dari semua perspektif,

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan manajerial
  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan membuat analisis
  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan melakukan perencanaan
  • Pemahaman biologi

Beberapa kompetensi yang diharapkan dari lulusan agribisnis adalah penguasaan teori dan konsep ekonomi, bisnis dan kewirausahaan untuk pengambilan keputusan dan pemecahan masalah di bidang agribisnis; mampu menerapkan konsep kewirausahaan dan kewirausahaan teknologi; mampu menerapkan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah agribisnis yang beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Sementara mahasiswa akan mempelajari ilmu yang berhubungan dengan bisnis dalam kuliah mereka, departemen agribisnis ini tetap berada di bawah payung komunitas ilmiah dan diketuai oleh Fakultas Pertanian. Jika Anda mahasiswa IPS, Anda harus mendaftar di program antar departemen untuk melanjutkan pendidikan di program studi tersebut.

Prospek Kerja Agribisnis

Prospek kerja lulusan pertanian sangat menjanjikan karena bidang pekerjaan yang bisa dimasuki tidak terbatas pada sektor pertanian. Mulai dari instansi pemerintah, BUMN, swasta hingga LSM. Karena dalam perkuliahan anda banyak belajar tentang pengembangan usaha di bidang pertanian, jika anda ingin menjadi seorang wirausahawan atau menjadi seorang wirausahawan atau manager professional di bidang agribisnis tentunya ini merupakan modal yang sangat besar bagi anda. Sebagai lulusan agribisnis, Quipperian juga akan berperan membantu petani menghadapi Era Industri 4.0, berperan sebagai konsultan dan mitra di sektor agribisnis.Tentu saja, rata-rata gaji yang ditawarkan sangat beragam dan kompetitif. Itu sangat tergantung pada kemampuan dan pengalaman kamu, posisi dan bidang tempat kamu bekerja.

Berikut beberapa posisi dan bidang tempat kamu kerja: –     Pegawai Negri Sipil ( PNS)

  • Pegawai Negri Sipil Daerah (PNS Daerah)
  • Petani
  • Ahli Bioteknologi
  • Dosen
  • Wirausaha (Enterpreuner)

Nah mungkin segitu penjelasan program studi agribisnis dan prospek kerjanya jadi gausah ragu lagi buat daftar di agribisnis

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.