Mengenal Perbedaan Sales and Marketing Role

Banyak dari kita yang sering mengira bahwa sales dan marketing merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh satu orang. Meskipun begitu, tidak sedikit juga perusahaan yang memutuskan untuk mempekerjakan orang dengan jobdesk sales dan marketing sekaligus.

Pada dasarnya, sales dan marketing itu berbeda namun masih memiliki kaitan yang erat. Sales merupakan orang yang mencari calon client dengan cara jemput bola. Sedangkan marketing adalah orang yang menyusun strategi agar sales bisa mendapatkan client atau income sesuai target yang telah ditentukan atau bahkan bisa melampaui target tersebut. Secara lebih detail mari kita bahas apa saja perbedaan sales dan marketing yang perlu kita ketahui.

1. Target Utama

Sales maupun marketing tentu saja mempunyai target utama dalam memasarkan produknya. Jika sales target utamanya adalah face to face atau bertemu langsung dengan pelanggan untuk menawarkan produk/jasa. Maka marketing, mereka lebih berfikir tentang bagaimana cara mengelola ketertarikan pelanggan terhadap produk/jasa.

2. Prioritas

Prioritas utama sales adalah bagaimana mereka bisa mengakomodasi kebutuhan pelanggan melalui penawaran produk/jasa. Sedangkan marketing prioritasnya lebih fokus untuk membangun loyalitas pelanggan.

3. Ruang Lingkup Kerja

Banyak yang sudah mengetahui mengenai ruang lingkup kerja seorang sales. Karena sales merupakan tombak perusahaan. Mereka dituntut untuk bisa kerja cepat atau fast moving, atau yang bisa kita sebut dengan ruang lingkup kerja jangka pendek. Berbeda dengan marketing, mereka dituntut untuk bekerja jangka panjang dengan fokus memelihara ketertarikan pelanggan pada produk/jasa yang mereka tawarkan.

Setelah membaca perbedaan sales dan marketing di atas, kira-kira kamu minat untuk mendaftar posisi apa?

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.