Mengenal Monash University, Salah Satu Kampus Unggul di Kota Melbourne Australia

Melbourne merupakan sebuah kota di Australia yang terkenal sebagai institusi pendidikan terbaik dengan berbagai gelar akademis sekaligus pencapaiannya di berbagai disiplin ilmu. Monash University merupakan satu dari sekian kampus di Melbourne yang menawarkan pendidikan berkualitas sekaligus memiliki fasilitas-fasilitas yang luar biasa. Universitas yang berdiri pada tahun 1958 ini telah berkembang menjadi kampus yang berskala internasional, memiliki mitra yang tersebar di luar negeri, dan telah menghasilkan alumni-alumni yang mumpuni di bidangnya. Penasaran dengan kampus Alyssa Soebandono ini, yuk  simak beberapa fakta menarik terkait Monash University.

  1. Anggota Group of Eight

Melansir dari monash.edu, Monash University masuk ke dalam satu persen universitas terbaik di dunia atau pada urutan 74 menurut peringkat universitas dunia dari Times Higher Education. Kampus ini masuk dalam anggota Group of Eight, sebuah aliansi universitas terkemuka Australia yang diakui atas keunggulannya dalam pengajaran dan penelitian. Adapun universitas yang berada dalam aliansi ini menghasilkan lulusan yang cepat dapat kerja, mendapat gaji tinggi dan peluang lebih besar untuk melanjutkan studi pascasarjana daripada lulusan kampus di Australia yang lain.

  1. Memiliki Cabang Kampus Internasional di Luar Australia

Monash University tidak hanya memiliki kampus di Australia, melainkan juga telah melebarkan sayap dengan membuka 4 cabang kampus internasional di luar negeri. Pertama, berada di Malasyia dengan 8 program studi, diantaranya School of Arts and Social Sciences, School of Business, School of Engineering, School of Information Technology, Jeffrey Cheah School of Medicine and Health Sciences, Department of Psychology, School of Science, dan School of Pharmacy. Kedua, bermintra dengan Southeast University dengan sekolah Joint Graduate School dan Joint Research Institute di Suzhou, Tiongkok. Ketiga, bekerjasama dengan Institute of Technology Bombay dan mendirikan “The Prato Centre” di Italia untuk program akademik internasional sekaligus kolaborasi riset.

  1. Monash University Merupakan Kampus Terbesar di Australia

Sekitar 64.000 mahasiswa dari dalam dan luar Australia menempuh pendidikan di Monash University. Para mahasiswa dengan berbagai jurusan tersebut tersebar ke beberapa daerah di Australia. Diantaranya, Clayton Campus yang menjadi kampus terbesar karena menampung sekita 26.000 mahasiswa. Kemudian ada Caulfield Campus yang menawarkan bidang studi pada bisnis dan ekonomi, seni dan desain, serta teknologi informasi. Selanjutnya ada Parkville Campus yang berfokus pada pengembangan riset ilmu pengetahuan farmasi. Adapun Peninsula Campus yang menawarkan bidang studi utama terkait ilmu keperawatan dan paramedis, pendidikan anak usia dini dan dasar, serta riset ilmu pengetahuan kesehatan.

  1. Program Studi Bisnis Manajemen dan Ilmu Lingkungan Menjadi Jurusan Yang Paling Diminati Calon Mahasiswa

Program studi bisnis manajemen menempati urutan teratas pada jurusan kuliah yang menjadi incaran pelajar Australia dan Internasional di kampus yang telah berdiri pada tahun 1958. Hal ini tidak terlepas dari profesionalitas para dosen di Monash University dalam memberikan pendidikan. Kemudian jurusan ilmu lingkungan yang paling banyak diminati setelah jurusan bisnis manajemen di Monash University. Jurusan Ilmu Lingkungan di kampus ini menggabungkan materi antara ilmu alam dan sosial yang memiliki relevansi dengan konservasi lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

  1. Fasilitas Unggul Dan Lengkap

Monash University berkomitmen untuk memberikan fasilitas unggul pada mayarakat, mahasiswa, staf, mitra, dan pengunjung. Seperti memiliki fasilitas museum senin bernama Monash University Museum of Art (MUMA), yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk terlibat dalam seni kontemporer di MUMA yang terkenal. Kemudian ada fasilitas penelitian yang bernama FlowCore, sebuah fasilitas dengan fitur-fitur mutakhir yang dibangun untuk menyediakan aliran sitometri kelas dunia bagi para ilmuwan di Monash Universitym Australian Regenerative Medicine Institute, dan komunitas ilmiah lainnya di daerah Melbourne, Australia. Kampus ini juga memiliki berbagai macam perpustakaan, pusat kesehatan, pusat olahraga, pusat makanan, pusat perbelanjaan, dan fasilitas lainnya. (ind)

 

Sumber foto : Idntimes.com

Penulis : Indri Fahra Febrina

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.