Mengenal Lebih Dalam Content Writer

Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media online. Konten ini bisa berbentuk artikel, blog, kiriman di sosial media, atau apapun yang ditulis berbasis online. Selain menulis, seorang content writer juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan agar website, gambar, tulisan yang dibuatnya selaras, berkaitan dan bisa menaikkan traffic pengunjung.

Selain itu, content writer juga dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya;

1. SEO

Search Engine Optimization (SEO) atau yang kita kenal dengan istilah “kata kunci”. Pada jenis ini, seorang content writer akan memproduksi konten-konten menarik berdasarkan SEO atau kata kunci yang pada saat itu sedang banyak dicari, sehingga mereka bisa meningkatkan traffic pengunjung website mereka.

2. Media Sosial

Content writer pada media sosial lebih fokus pada bagaimana bisa mereka membuat tulisan atau “caption” yang menarik, unik, kreatif dan interaktif sehingga seorang content writer bisa menaikkan engagement dari media sosial tersebut.

3. Generalist

Jenis yang satu ini terlihat lebih fleksibel dibandingkan dua jenis content writer sebelumnya. Untuk jenis generalist ini, mereka bebas untuk menuliskan apapun yang tentunya berkaitan dengan perusahaan atau produk atau brand. Tidak ada patokan SEO, gaya bahasa seperti caption media sosial atau yang lain.

Jenis ini lebih menekankan pada isi tulisan yang bisa mengedukasi atau memberikan informasi kepada masyarakat terkait perusahaan, brand, atau produk.

4. Jurnalistik

Bukan seperti jurnalis yang mayoritas menulis berita atau release, untuk content writer dengan jenis jurnalistik ini juga memiliki kebebasan untuk menuliskan ide mereka sama seperti generalist. Namun yang membedakan jurnalistik di sini lebih fokus untuk menulis artikel feature atau konten yang menghibur pembacanya.

5. Technical

Jenis terakhir untuk content writer ini salah satu jenis yang bisa dibilang lebih sulit dan kompleks, karena jenis ini mengharuskan kita untuk memiliki kemampuan tinggi dalam mengintepretasikan informasi yang sangat kompleks ke dalam tulisan yang lebih mudah dimengerti oleh orang awam. Technical writer biasanya menulis untuk manual guide sebuah produk atau brand.

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.