Mengenal Kegiatan ‘Model United Nations’

Model United Nations adalah acara yang sudah sangat familiar bagi mahasiswa Hubungan Internasional, namun beberapa tahun belakangan ini, Model United Nations sangat populer di kalangan para siswa dan mahasiswa secara menyeluruh. Banyak sekali lembaga atau institusi yang menyelenggarakan acara Model United Nations, baik itu bersifat daerah, nasional, maupun internasional. Sebenarnya apa sih itu Model United Nations? Kenapa acara tersebut sangat banyak diminati, terutama dari kalangan mahasiswa dan pelajar Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Sesuai dengan namanya, Model United Nations, acara ini sendiri adalah simulasi sidang United Nations atau lebih kita kenal dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Model United Nations atau lebih sering disebut Model UN ini mengadaptasi simulasi konferensi yang terjadi di United Nations. Mulai dari peserta yang seakan menjadi delegasi dari negara tertentu, kemudian para peserta akan menjadi representatif dari beberapa organisasi di United Nations seperti International Children’s Emergency Fund atau biasa disingkat UNICEF, Word Health Organiation atau WHO, dan beberapa organisasi lainnya.

Acara Model UN sangatlah beragam, mulai dari Model UN berskala kecil seperti Model UN yang hanya dihadiri oleh mahasiswa Hubungan Internasional, atau berskala nasional, bahkan internasional yang pesertanya berasal dari seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, Model UN yang sangat terkenal adalah Model UN yang diselenggarakan oleh International Global Network atau IGN yang menggaungi beberapa Model UN terkenal seperti Asia Youth International Model United Nations atau biasa disebut AYIMUN dan Asia World Model United Nations atau biasa disingkat AWMUN. Sebelum terjadinya pandemi, semua Model UN di bawah IGN dilaksanakan di berbagai negara seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Setelah terjadinya pandemi, maka semua Model UN rata-rata diadakan secara virtual melalui platform yang ditentukan oleh masing-masing penyelenggara.

Lantas, adakah keuntungan yang didapat mahasiswa dari kegiatan ini? Jawabannya tentu saja banyak. Yang paling pertama adalah kamu akan dikelilingi oleh lingkungan yang sangat positif, menambah relasi, dan juga mengasah kemampuan berkomunikasi serta diplomasi kamu. Terlebih jika acara ini bersifat internasional, kamu akan menambah banyak sekali pengalaman luar biasa dimana kamu akan bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia. Dimasa pandemi seperti ini, acara Model UN bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu karena disamping memiliki banyak manfaat, Model UN secara virtual juga sangat terjangkau dari segi biaya dan akomodasi.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.