Mengenal Kampus-Kampus Korea Selatan yang Khusus Untuk Perempuan

Korea Selatan adalah salah satu negara di Asia yang sangat fokus pada peningkatan kualitas pendidikan generasi mudanya. Di tengah budaya patriaki yang tinggi di Negara beribukota Seoul ini, ternyata ada beberapa kampus yang khusus untuk perempuan sebagai mahasiswanya. Hal ini tentu menjadi dobrakan baru di benua Asia yang masih didominasi budaya patriaki. Para lulusan dari kampus khusus perempuan ini pun turut berperan aktif membangun negeri serta membantu sesama perempuan yang sering ditindas masyarakat. Menariknya, bahkan beberapa idol dan aktris terkenal di Korea juga merupakan lulusan kampus khusus perempuan ini. Simak ulasan berikut untuk mengetahui kampus khusus perempuan yang ada di Korea Selatan.

  1. Ewha Womans University
Kampus Ewha Womans University (Sumber: scholarsofficial.com)

Ewha Womans University merupakan kampus khusus perempuan yang telah ada sejak tahun 1886 di pusat kota Seoul. Kampus ini merupakan satu-satunya universitas di Korea Selatan yang menjadi rekan Harvard College in Asia Program (HCAP) dan Ewha-Harvard Summer School Program. Kampus yang diinisasi oleh misionaris perempuan asal Amerika Selatan, Marry F. Cranton ini menjadi kampus pertama yang memperkenalkan fakultas keperawatan, farmasi, dan department media and imaging di Korea. Kampus ini juga menjadi satu-satunya kampus khusus perempuan di Korea yang mampu bersaing dengan universitas-universitas campuran ternama di Korea dari segi pengembangan pendidikan, fasilitas, pengajar, dan lainnya. Salah satu alumnus terkenal dari universitas ini adalah pemeran Nagini dalam film “Fantastic Beast 2”, yaitu Claudia Kim, Kim Hye-ja, dan Miss Korea tahun 2014 Kim Seo Yeon.

  1. Dongduk Women’s University
Kampus Dongduk Women’s University (Sumber: archdaily.com)

Dongduk Women’s University atau DWU merupakan kampus khusus perempuan yang didirikan seorang aktivis perempuan Korea, Cho Dong Shik pada tahun 1950. Universitas ini memiliki 3 lokasi kampus berbeda,  yaitu kampus Dawonho, kampus Wolgok dan kampus Hyehwa. Kampus ini juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas dari 19 negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan. DWU memiliki fokus pendidikan pada bidang sosial, humaniora, dan seni. Tak heran bila banyak idol dan aktris Korea Selatan yang melanjutkan pendidikannya di DWU. Seperti Jeon Yeo Bin, Bang Minah Girl’s Day, Lee Sung Kyung,   Kim Yura, Jo Eun-ae Sonamoo, Hyelin EXID, Nayoung Pristin, dan lainnya.

  1. Sookmyung Women’s University
Kampus Sookmyung Women’s University (Sumber: smapse.com)

Sookmyung Women’s University merupakan universitas perempuan tertua di Korea, karena  disponsori langsung oleh Ratu Sunheon pada 1906. Kampus swasta yang berada di distrik Yongsan Seoul ini dikenal sebagai kampus dengan tingkat penerimaan kerja tertinggi di antara universitas perempuan lainnya di Korea, yakni sebesar 64%. Adapun perbedaan antara universitas ini dengan universitas khusus perempuan lainnya itu adanya program Reserve Officer Training Corps (ROTC) atau Akademi Kepolisian Khusus Perempuan pertama di Korea pada 2009 silam. Program ROTC kampus ini juga telah mendapatkan juara pertama dalam latihan militer Korea tahun 2012. Dalam mutu kualitas pendidikan, Sookmyung Women’s University telah menerbitkan penelitian mengenai isu gender yang dihadapi perempuan di Asia dalam  jurnal berjudul ‘Asian Women’.  Adapun alumnus kampus ini seperti penulis skenario drama “Reply 1988” di tvN, yaitu Lee Woo-jung dan artis lawas Moon He-kyung.

  1. Seoul Women’s University
Kampus Seoul Women’s University (Sumber: studyinkorea.go.kr)

Seoul Women’s University merupakan universitas swasta khusus perempuan yang telah berdiri sejak tahun 1960. Universitas ini berafiliasi pada kegiatan keagamaan dan misionaris Kristen. Kampus yang memiliki slogan ‘University that Teachers Well’ ini banyak membuka peluang bagi pelajar internasional untuk melakukan pertukaran pelajar. Adanya beberapa program unggulan dan kerjasama dengan universitas asing menjadi salah satu alasan mengapa banyak perempuan Korea yang melanjutkan studi di sini. Han Ji-min, Kim Ji-ho, Go Yoon-jung, dan Lee Boo-young menjadi beberapa aktris Korea yang menamatkan studinya di kampus ini.

  1. Sungshin Women’s University
Kampus Sungshin Women’s University (Sumber: korea.net.vn)

Sungshin Women’s University merupakan kampus perempuan yang didirikan seorang dokter bernama Lee Sook Chong pada tahun 1936. Universitas ini juga sukses menjadi pionir dalam mendirikan pendidikan keperawatan di Korea Selatan.  Kampus yang berlokasi di Seoul ini terkenal di bidang pendidikan guru dari kurun waktu 1960-1970. Kampus ini memiliki program pendidikan special seperti Sungshin Global Leaders Program, International Elite Training Course, Health and Welfare Specialization, dan Culture Specialization. Univesitas yang memiliki moto “Sincerity, Intelligence, Independence” ini merupakan salah satu universitas yang memiliki ketetatan penerimaan mahasiswa yang tinggi. Mahasiswa yang diterima di Sungshin Women’s University biasanya adalah pelajar yang selalu berada di peringkat top 10% di kelasnya. Sowon GFriend, Hyolyn Sistar, aktris Gong Seung-yeon, Lee Yul-eum, Lee Se-young, dan mendiang Goo Ha-ra merupakan bintang hits Korea Selatan yang pernah menimba ilmu disini.

 

Penulis : Indri Fahra Febrina

Editor : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.