Mengenal Group of Eight Australia

Kampus-kampus bergengsi di seluruh dunia biasanya memiliki asosiasi-asosiasi seperti Ivy League yang ada di Amerika Serikat, SKY yang ada di Korea Selatan, Russell Group di Britania Raya, dan beberapa asosiasi lainnya. Di Australia sendiri, asosiasi dari kampus-kampus prestisiusnya bernama Group of Eight yang terdiri dari delapan universitas prestisius dengan kualitas pendidikan terbaik di Australia, bahkan dunia. Semua universitas yang termasuk ke dalam jajaran Group of Eight biasanya selalu menduduki peringkat terbaik dan teratas di QS World Ranking.

Group of Eight atau biasa disingkat Go8 ini terdiri dari kumpulan universitas dengan segudang publikasi riset dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Australia sejak mulai dibentuk beberapa puluh tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1999. Menurut data yang disebutkan IDP pada situsnya, satu dari tiga mahasiswa internasional yang belajar di Australia adalah mahasiswa dari salah satu universitas Group of Eight, hal ini terjadi karena tingginya minat untuk menjadi mahasiswa dari kampus-kampus Group of Eight. Untuk lebih detailnya, inilah beberapa universitas yang merupakan anggota dari Group of Eight.

  1. University of Adelaide

Universitas pertama yang akan kita bahas adalah University of Adelaide. Universitas yang masuk dalam jajaran universitas tertua di Australia ini melahirkan banyak alumni sukses dan bahkan beberapa alumni dari universitas ini pernah memenangkan nobel seperti Lawrence Bragg dan Howard Florey. Universitas ini menempati posisi 108 universitas terbaik di seluruh dunia versi QS World Ranking 2022, hal ini membuatnya menjadi satu-satunya universitas di Australia bagian selatan yang masuk dalam jajaran 110 besar.

2. University of Western Australia

Universitas selanjutnya yang tergabung dalam Group of Eight adalah University of Western Australia yang berlokasi di beberapa tempat di Australia ini menempati posisi 100 besar universitas terbaik di dunia versi QS World Ranking 2022, tepatnya di posisi 93. Kampus yang berpusat di Perth dan Albany ini memang memiliki kualitas pendidikan yang sangat bagus, dimana ia juga menempati ranking tujuh untuk universitas terbaik di Australia versi QS World Ranking 2022.

3. University of New South Wales

Universitas selanjutnya adalah University of New South Wales. Universitas prestisius ini berlokasi di Sydney, khususnya di Kensington. Untuk masalah kualitas pendidikan, universitas ini mengukuhkan posisi di 43 dunia versi QS World Ranking 2022, sehingga membuktikan bahwa University of New South Wales pantas menyandang gelar universitas prestisius.

4. Monash University

Daftar selanjutnya adalah Monash University. Universitas yang sudah familiar di telinga para mahasiswa Indonesia ini memang memiliki kualitas mumpuni dalam mencetak lulusan-lulusannya. Salah satu universitas terbesar di Australia ini menduduki posisi 58 dunia versi QS World Ranking 2022.

5. University of Queensland

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak lokasi universitas yang satu ini. Universitas yang berlokasi di salah satu negara bagian Australia ini selalu berhasil masuk dalam jajaran universitas terbaik di Australia. Untuk ranking dunia, universitas ini berada di posisi posisi 47 menurut QS World Ranking 2022.

6. University of Sydney

University of Sydney adalah universitas selanjutnya yang masuk dalam kelompok Group of Eight. Universitas ini berhasil mengukuhkan dirinya sebagai salah satu universitas terbaik dengan menduduki posisi 38 di dunia.

7. University of Melbourne

Universitas selanjutnya yang juga masuk dalam anggota Group of Eight adalah University of Melbourne. Univesitas tertua di Victoria ini menduduki salah satu posisi puncak untuk universitas terbaik Australia dengan berhasil menduduki posisi 37 universitas terbaik dunia versi QS World Ranking 2022.

8. Australian National University

Universitas terakhir adalah Australian National University yang berlokasi di ibu kota Australia, yaitu Canberra. Universitas yang memiliki tujuh fakultas utama ini menduduki posisi 27 untuk universitas terbaik tingkat dunia, hal ini mengukuhkan posisi Australian National University menjadi universitas terbaik di Australia.

Dengan semua fakta di atas, sudah jelas bahwa menjadi bagian dari Group of Eight merupakan sebuah kebanggan bagi setiap mahasiswa. Namun perlu digaris bawahi bahwa semua universitas yang masuk dalam asosiasi ini biasanya memiliki seleksi yang sangat ketat dalam pemilihan mahasiswanya. Untuk menjadi bagian dari Group of Eight, kamu harus mempersiapkan diri kamu sebaik mungkin dengan memenuhi karakteristik mahasiswa yang ditetapkan oleh kampus-kampus prestisius ini.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.