Mengenal Duolingo English Test (DET), Lebih Murah Dari IELTS dan Diakui Di Berbagai Universitas Top Dunia

Selama ini, jika berbicara mengenai aplikasi atau platform Duolingo, pasti kita akan tertuju kepada sebuah aplikasi untuk belajar bahasa asing. Faktanya, Duolingo memang menyediakan lebih dari 100 kursus dengan 28 bahasa di dalamanya termasuk bahasa Inggris, Jerman, Thailand, Arab, Jepang, dan banyak lagi. Tidak heran jika Duolingo terkenal sebagai platform berlatih bahasa. Namun, tahukah kamu jika Duolingo juga menyediakan serfikasi untuk mengetes kemampuan Bahasa Inggris kalian? Lebih hebatnya lagi, hasil tersebut diakui oleh berbagai universitas mentereng di dunia.

Yuk simak bagaimana tes bahasa Inggris di Duolingo. Pada dasarnya Duolingo English Test (DET) ini akan menguji kemampuan bahasa Inggris kalian seperti IELTS dan TOEFL yakni speaking, reading, listening, dan writing. Lebih lanjut, jika dibandingkan dengan IELTS, DET akan jauh lebih ekonomis yakni dengan merogoh kocek berkisar 700 ribu saja. Tidak hanya itu, waktu mengerjakan DET juga akan lebih singkat yakni antara 45-60 menit saja. Tidak hanya itu, hasil tes akan bisa diketahui dalam kurun waktu kurang dari 48 jam.

Lebih jauh, hasil dari DET akan dilaporkan dalam format nilai mulai dari 10 sampai 160 secara keseluruhan. Jika kalian mendapatkan score diantara 95-110 maka kalian akan dikategorikan sebagai upper intermediate. Sedangkan untuk mendapatkan kategori advanced, maka kalian harus mendapatkan score 120-160. Untuk mengikuti tes ini, pihak Duolingo menginformasikan bahwa koneksi internet harus memiliki minimal kecepatan yakni kecepatan unduh 2 Mbps dan kecepatan unggah 1 Mbps. Sebagai tambahan, kalian juga harus menunjukkan tanda pengenal (paspor atau KTP) sebagai verifikasi saat mengambil tes.

Lalu, sertifikat DET diakui oleh siapa saja? Nah, kalian tidak perlu bingung untuk mencari hal tersebut. Pihak Duolingo sudah membuat list lengkap dengan tingkat pendidikan dimana seritifkat DET dapat diterima. Kalian bisa mengeceknya di sini, guys. Nah, bagaimana? Sudah tertarik mencoba DET ini sebagai alternatif dari IELTS dan TOEFL? Dengan harga yang lebih ekonomis dan diakui oleh banyak institusi, DET bisa menjadi pilihan kalian para pencari beasiswa untuk memenuhi syarat minimum beasiswa di kampus impian kalian.

 

Sources: https://englishtest.duolingo.com/applicants , https://testcenter.zendesk.com/hc/id/articles/360010843392-Apa-saja-sekolah-atau-institusi-yang-menerima-Duolingo-English-Test- , https://suneducationgroup.com/app/sun-media-app/news-app/yuk-pahami-dulu-sistem-scoring-duolingo-english-test/

Penulis  : Sibakhul Milad Malik H

Editor    : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *