Mengenal Community College Initiative Program Dari AMINEF

American Indonesian Exchange Foundation atau lebih dikenal dengan AMINEF merupakan salah satu lembaga penyedia banyak program beasiswa ke Amerika Serikat, seperti beasiswa fully funded S2 dan S3 Fulbright, Pertukaran mahasiswa melalui Global Undergraduate Exchange Program atau biasa disingkat UGRAD, Fulbright Language Teaching Assistant atau biasa disingkat FLTA, dan beberapa program menarik lainnya. Salah satu program luar biasa dari AMINEF lainnya adalah Community College Initiative Program atau biasa disebut dengan program CCI.

Jadi apa itu sebenarnya program CCI? Program CCI sendiri merupakan program yang tergolong akademik non-gelar dimana nanti semua penerima program akan diberikan kesempatan untuk belajar selama satu tahun di salah satu Community College di Amerika Serikat dengan tujuan membentuk kemampuan kepemimpinan, kemampuan teknis, memperkuat kemampuan bahasa Inggris, dan mendapatkan ilmu-ilmu baru lainnya. Ketika berhasil menyelesaikan durasi program selama satu tahun, penerima program ini nantinya diharapkan bisa kembali ke negara asal dan berkontribusi pada negaranya.

Di situs resmi AMINEF, program ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh siswa dan mahasiswa di Indonesia. Bahkan kandidat yang berasal dari beberapa daerah terisolir seperti Papua diutamakan untuk berpartisipasi dalam program ini. Beasiswa non-gelar ini terbuka bagi seluruh siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas dan juga mahasiswa yang sudah menyelesaikan studinya. Untuk mahasiswa, dengan catatan akan memilih fokus bidang yang berbeda di CCI nanti dengan jurusan asalnya. Program CCI ini terbuka bagi kamu yang ingin mendalami ilmu tentang:

  • Agriculture
  • Applied engineering
  • Business management/Administration
  • Early childhood education
  • Information technology (IT)
  • Media
  • Social services
  • Health, and Public safety
  • Tourism and Hospitality management.

Program ini memberikan beberapa syarat kepada para pendaftar, diantaranya adalah merupakan warga negara Indonesia, memiliki kemampuan leadership yang baik, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan setidaknya memiliki minimal 480 skor TOEFL, dan beberapa persyaratan lainnya. Untuk program yang tergolong fully funded, program CCI ini tidak membebankan persyaratan yang rumit untuk para pendaftarnya.

Program CCI sendiri sekarang sedang membuka pendaftaran, bagi kamu yang berminat untuk mendaftar program CCI ini, kamu harus bersedia untuk memulai program ini di Juli 2022 mendatang. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa melakukan kunjungan langsung pada situs resmi AMINEF di aminef.or.id, dimana di situs resmi tersebut akan dijelaskan secara lengkap mengenai persyaratan, alur pendaftaran, hak-hak apa saja yang akan diterima peserta, hingga form pendaftaran.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.