Mendikbud Luncurkan Gerakan Pelajar dan Ibu Penggerak #MerdekaBelajar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia meluncurkan Gerakan Pelajar dan Ibu Penggerak Merdeka Belajar pada Rabu (5/5/2021). Peluncuran ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan juga live streaming di kanal YouTube KEMENDIKBUD RI.

‘’Sewaktu mendengar bahwa ada inisiatif di kalangan mahasiswa dan ibu-ibu orang tua untuk berkumpul dalam komunitas penggerak merdeka belajar, kami pun menjadi semakin semangat dan optimistis,’’ ungkap Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI selaku pembicara dalam acara tersebut.

Nadiem menambahkan bahwa untuk memperbaiki sistem pendidikan dan SDM melalui pendidikan bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada begitu banyak tugas dan PR yang harus dikerjakan. “Masih banyak lagi yang harus ditangani. Sehingga kami harus bergerak cepat. Kami menyiapkan merdeka belajar jilid 11 dan 12 yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat,” tambahnya.

Gerakan Pelajar dan Ibu Penggerak Merdeka Belajar adalah Gerakan komunitas dari Sidina Community dan Pemuda Pelajar Merdeka.  Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka dan Sidina Community merupakan komunitas beranggotakan mahasiswa dan ibu-ibu orang tua pelajar yang dibentuk sebagai wadah untuk mendukung upaya perbaikan pendidikan Indonesia dan juga mendukung program-program di bawah payung merdeka belajar yang dilakukan oleh Kemendikbud.

Adapun tujuan dari komunitas ini adalah untuk mendukung program pendidikan nasional terutama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah digagas oleh kemdikbudristek. Selain itu juga untuk mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dan lebih banyak berpartisipasi agar terwujud sinergi dan kolaborasi yang kuat antara mahasiswa dengan masyarakat, serta membuat kompetisi yang bisa mendorong daya saing mahasiswa sehingga nantinya mereka dapat terus berkarya dan berpartisipasi.

 

Sumber : YouTube KEMENDIKBUD RI

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah/Uke

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.