Manfaat Bergabung dengan Himpunan Mahasiswa

Figure 1 EDSA PBI UMY doc pbi.umy.ac.id

Kegiatan mahasiswa yang tidak hanya berkuliah membuat mahasiswa memiliki beberapa pilihan. Ada bebeberapa tipe mahasiswa dari mulai kupu-kupu yaitu kuliah pulang, kura-kura yaitu kuliah rapat, kuda kuda yaitu kuliah dagang dan banyak lagi. Namun, dalam kehidupan perkuliahan pasti ada satu pola dimana terdapat himpunan mahasiswa. Terlebih lagi, para senior di Himpunan selalu mengajak adik tingkatnya ketika masa orientasi untuk bergabung dalam Himpunan. Mereka, para senior, selalu menjelaskan manfaatnya bergabung dengan Himpunan. Nah sebenarnya, apa saja sih manfaat bergabung di Himpunan Mahasiswa? Apakah untuk eksistensi atau untuk mengasah berorganisasi atau ada manfaat lain? Nah, berikut 3 manfaat bergabung dengan Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang jarang disampaikan oleh para senior di HIMA. Simak yuk! Siapa tahu kalian menjadi lebih tertarik untuk bergabung dengan HIMA.

1. Dekat dengan dosen

Tidak bisa dipungkiri, salah satu dari banyaknya program kerja dari HIMA pasti bersinggungan dengan kegiatan program jurusan. Sebagai contoh, kegiatan ulang tahun program jurusan, kegiatan pengabdian dosen, atau sekedar kuliah umum yang diadakan program jurusan dengan bantuan HIMA. Nah, oleh karena itulah terkadang intensitas mahasiswa dan dosen menjadi lebih sering. Alhasil, kita sebagai anggota HIMA pasti sering ter-notice sehingga para dosen hafal dengan kita dengan mudah. Dengan seperti itu, maka tidak ada lagi kata malu untuk bertemu dosen, malah kita bisa berteman dengan dosen. Namun, tetap junjung tinggi sopan santun ya, jangan kelewat seperti dengan teman sendiri.

2. Mengetahui program dan kegiatan yang akan datang

Karena perannya yang sangat dekat dengan program jurusan, maka terkadang dalam penyusunan agenda program jurusan juga melibatkan anggota HIMA. Alhasil, biasanya anggota HIMA mendapat semacam “bocoran” tentang kegiatan apa yang akan mendatang. Lalu apa sih enaknya jika kalian mendapatkan info terlebih dahulu? Tentunya sangat banyak dong. Kalian memiliki persiapan lebih sehingga kalian lebih siap dalam agenda mendatang tersebut.

3. Kerap diajak penelitian dan pengabdian

Tidak dipungkiri lagi bahwa anggota HIMA mendapat penilaian lebih di mata para dosen. Mereka, para anggota HIMA, dianggap sebagai mahasiswa yang cekatan dan pandai membagi waktu. Tidak heran terkadang para dosen menggandeng para anggota HIMA untuk melakukan penelitian atau bahkan pengabdian. Lalu apa poin plusnya ketika kalian diajak pengabdian? Pastinya akan sangat bermanfaat untuk membentuk kemampuan, dan daya saing kalian kelak. Kalian akan dianggap sebagai mahasiswa yang sarat akan pengalaman semasa kuliah, sehingga akan memiliki nilai lebih.

Nah, apakah kalian tertarik bergabung dengan HIMA? Atau ingin menjadi mahasiswa jenis lain? Apapun pilihannya, semua ada konsekuensinya. Misalkan kalian memutuskan untuk bergabung dengan HIMA, maka kalian akan dituntut sebagai mahasiswa yang bisa membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Semangat para mahasiswa, gali potensi dan tumpuk pengalaman!

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.