Maksimalkan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri dengan Lima Channel Youtube Ini

Kuliah di luar negeri merupakan mimpi bagi banyak orang, kesempatan untuk mendapatkan pendidikan kualitas tinggi serta pulang dengan segudang ilmu dan pengalaman merupakan alasan kuat kenapa setiap orang berlomba-lomba untuk kuliah di luar negeri. Namun, melanjutkan studi di luar negeri bukanlah hal yang mudah untuk diraih, butuh waktu dan persiapan yang sangat matang, mulai dari mengasah kepintaran akademik, melengkapi segala persyaratan yang tidak mudah, menguasai bahasa dari negara tujuan studi, dan masih banyak tantangan lainnya. Namun di zaman teknologi seperti ini, semua hal bisa didapatkan dengan sangat mudah, salah satunya adalah belajar. Jika dulunya belajar hanya bisa dilakukan secara konvensional dimana siswa harus datang ke sekolah dan belajar di kelas bersama guru, dengan teknologi yang ada sekarang, belajar bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

 

Salah satu platform yang sangat lengkap dan beragam untuk belajar adalah youtube, di platform tersebut kamu bisa menemukan banyak sekali jenis konten, dimulai dari hiburan, pendidikan, dan politik. Jika kamu sedang berada dalam proses persiapan mengejar beasiswa ke luar negeri, lima kanal youtube ini bisa menjadi pilihan kamu untuk belajar secara mandiri:

 

Linguamarina

Kanal youtube pertama yang wajib kamu subscribe adalah kanal youtube “linguamarina” karena pondasi utama yang dibutuhkan untuk melanjutkan studi ke luar negeri adalah bahasa, belajar bahasa internasional merupakan kewajiban yang tidak bisa dihindari. Salah satu bahasa internasional yang wajib dipelajari adalah bahasa Inggris, bahkan walaupun negara tujuan studi tidak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama, bahasa ini tetap harus dipelajari karena biasanya di dalam lingkungan kampus kebanyakan dosen dan mahasiswa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi jika banyak mahasiswa internasional di dalam kampus tersebut.

Di kanal youtube ini, kamu akan menemukan berbagai macam informasi tentang belajar bahasa Inggris, penyampaiannya pun sangat sederhana dan mudah dimengerti. Video yang disediakan sangat beragam mulai dari video pembelajaran untuk pemula hingga yang video pembelajaran untuk yang sudah mahir berbahasa Inggris. Bahkan kanal youtube ini juga membahas tentang lifestyle belajar di luar negeri sebagai mahasiswa internasional, membahas graduate management admission test atau GMAT, hingga membahas graduate record examination atau GRE. Lengkap sekali bukan?.

 

Kobi Education

Kanal youtube selanjutnya adalah milik Kobi Education, di kanal youtube ini kamu akan menemukan banyak sekali dokumentasi seminar bedah beasiswa, tips dan trik belajar, serta sharing tentang studi di luar negeri. Semua dokumentasi tersebut bisa kamu tonton secara gratis. Kabar baiknya lagi, kanal youtube ini banyak sekali membahas bagaimana caranya untuk studi ke luar negeri dengan beasiswa. Kontennya pun seputar pembahasan bagaimana cara membuat esai, mempersiapkan persyaratan administrasi baik untuk universitas dan lembaga beasiswa, dan bedah beasiswa. Dengan menekan tombol subscribe di kanal youtube ini, kamu akan mendapatkan insight yang sangat luas mengenai studi di luar negeri nantinya.

 

AcademicEnglishHelp

Channel selanjutnya yang harus kamu subscribe adalah channel youtube AcademicEnglishHelps, di channel ini kamu akan menemukan berbagai video belajar untuk meningkatkan kemampuan International English Language Testing System atau biasa disingkat IELTS. Seperti yang kamu ketahui, hampir seluruh Universitas di luar negeri meminta IELTS sebagai persyaratan utama ketika mendaftarkan diri. Di kanal youtube ini kamu bisa mempelajari IELTS secara mendalam, karena beragam video mulai dari pembahasan reading, writing, speaking, hingga listening. Bahkan AcademicEnglishHelps ini menampilkan secara jelas bagaimana tes IELTS berjalan, sehingga ketika kamu sering belajar menggunakan video AcademicEnglishHelps ini, kamu tidak akan kaget lagi ketika mengikuti tes IELTS resmi nantinya.

 

TED

Yang terakhir adalah akun youtube TED, kamu mungkin sudah sangat familiar mengenal akun satu ini, mengingat banyak sekali video inspiratif dan menarik didalamnya. Jadi akun yang biasa dipanggil Ted Talk ini sangat wajib untuk kamu ikuti, mengingat salah satu kriteria untuk melanjutkan studi di luar negeri adalah memiliki critical thinking yang bagus, menonton konten dari Ted Talk yang sangat beragam dan mendatangkan pembicara hebat dari seluruh belahan dunia akan memperluas pengetahuan dan perspective kamu terhadap banyak hal.

 

Itulah beberapa channel youtube yang bisa menemani perjalanan kamu selama persiapan studi ke luar negeri, selain empat channel diatas, kamu bisa men-subscribe channel youtube Universitas tujuan karena setiap universitas pasti punya kanal youtube resmi dan kamu akan mendapatkan tambahan informasi dari kanal resmi tersebut.

 

Penulis: Sri Indriani Fitri

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.