Mahasiswa, Yuk Napak Tilas Jalur Rempah Indonesia, GRATIS dan NAMBAH ILMU!

Kita pasti sudah pernah membaca bahwa Indonesia pada zaman kolonial Belanda memiliki rute perdagangan dengan nama Jalur Rempah. Sebenarnya, jalur ini adalah jalur perdagangan yang digunakan oleh Belanda untuk mengangkut hasil bumi berupa rempah-rempah yang nantinya akan dijual ke Eropa. Kemendikbudristek sebagai kementrian yang berfokus kepada Pendidikan salah satunya adalah ‘sejarah’ ingin memberikan pengalaman kepada pemuda Indonesia untuk ‘Napak Tilas’ jalur tersebut.

Melalui Instagram Resminya @jalurrempahri, Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi pemuda pemudi Indonesia untuk turut serta dalam kegiatan ini. Tidak tanggung-tanggung ekspedisi jalur rempah ini akan berlangsung dari bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober tepat dimulai saat peringatan 17 Agustus. Moda transportasinya pun bukan sembarangan, Kemendikbudristek bekerjasama dengan TNI AL akan mengerahkan KRI Dewa Ruci sebagai moda transportasi untuk setidaknya menyambangi 13 pelabuhan dengan lokasi berbeda yaitu: Banda Neira, Ternate, Makassar, Banjarmasin, Bintan, Medan, Lhouksemawe, Padang, Banten, Jakarta, Semarang, Benoa, Surabaya.

Dilansir dari kompas.com untuk peserta dari ekspedisi ini akan diambil 5 pemuda pemudi terbaik dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Mereka tidak hanya serta merta mendaftar lalu diterima, namun mereka diwajibkan untuk membuat essay tentang salah satu dari 13 tempat yang akan disambangi, mampu berenang, tali temali, aktif dalam kegiatan alam seperti pramuka atau mahasiswa pecinta alam, dan bebas akan covid 19 dan NAPZA.

Para pemuda terpilih akan mengarungi laut Indonesia tanpa dipungut biaya sepeserpun. Justru mereka akan mendapatkan akomodasi, konsumsi, dan transport untuk pulang dan pergi dari kampung halaman mereka. Diharapkan para peserta terpilih akan menjadi duta bagi pemuda lain untuk menginformasikan dan membagikan ilmu serta pengalamannya dalam menjelajahi bagaimana Indonesia zaman dahulu dengan kesuburan tanahnya sehingga tercipta rute jalur rempah ini. Tertarik? Yuk kepoin ig jalurrempahri!

 

Sumber : Kompas.com

Sumber Gambar : Instagram @jalurrempahri

Reporter : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.