Mahasiswa Pertanian, Yuk Ikuti Kompetisi Berhadiah Ratusan Juta

Dunia pertanian dan ketahanan pangan memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Inovasi-inovasi juga perlu dilakukan guna menunjang pertanian yang ideal dan sehat. Tak hanya menunggu menjadi seorang pakar, kini mahasiswa pun dapat turut serta dalam memberikan inovasi tersebut. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah melakukan riset kemudian dipublikasikan atau diikut sertakan dalam suatu kompetisi.

Buat kamu kaum milenial khususnya yang terarik di bidang pertanian, PT Pupuk Indonesia (Persero) menggelar sebuah kompetisi riset pertanian yang dapat digunakan sebagai peluang memberikan inovasi brilliant. Kompetisi pertanian bertema “Fertinnovation Challenge 2021” ini ditujukan untuk generasi milenial di perguruan tinggi. Peserta merupakan setiap orang yang berstatus mahasiswa baik sarjana maupun pascasarjana dan alumni maksimal 2 tahun.

Kompetisi ini digelar dalam rangka memperingati Global Fertilizer Day pada 13 Oktober 2021. Inovasi-inovasi yang muncul dalam kompetisi ini akan dikembangkan, dimanfaatkan dan dikomersialisasi oleh Pupuk Indonesia. Total hadiah yang diberikan pun fantastis, mencapai Rp 300 juta dengan berbagai tambahan bagi pemenang. Salah satunya pemenang akan berkesempatan mendapat pembiayaan inkubasi riset hingga 1,5 miliar rupiah dalam bentuk pengembangan ide riset, magang ekslusis, dan coaching.

Melansir dari beritasatu.com, Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia mengatakan bahwa tujuan adanya kompetisi adalah menjangkau ide dan karya inovasi dalam mendukung visi PT Pupuk Indonesia. Selain itu, kompetisi ini juga dapat digunakan sebagi platform kolaborasi dengan akademisi dalam pengembangan inovasi yang berdampak bagi ketahanan pangan, masyarakat, bisnis dan lingkungan.

Kompetisi Fertinnovation Challenge 2021 ini akan diselenggarakan mulai bulan Agustus sampai dengan November 2021 mendatang. Kompetisi ini terdiri dari tiga kategori yakni Inovasi Pertanian Presisi yang berbentuk proposal penelitian, Inovasi Rantai Nilai Pertanian dalam bentuk karya tulis ilmiah, dan kategori Inovasi Sistem Produksi Pupuk dapat diajukan dalam bentuk proposal penelitian.

Ferttinnovation Challenge 2021 ini akan dilakukan dalam 3 tahap mulai dari submission di mana peserta dapat mengajukan hasil kajiannya melalui website, tahap seleksi merupakan tahap penilaian oleh juri. Dalam tahap seleksi ini peserta yang lolos nantinya akan diminta untuk melakukan presentasi di hadapan juri. Terakhir PT Pupuk Indonesia akan mengumumkan tiga besar pemenang di tiga kategori.

Para pemenang dari ajang Fertinnovation Challenge 2021 sendiri selain mendapatkan hadiah, nantinya hasil dari inovasi tersebut berkesempatan akan dikembangkan, dimanfaatkan atau bahkan di komersialisasikan untuk mendukung pengembangan industri pertanian di Indonesia. Sehingga tujuan dari diadakannya ajang ini untuk mewujudkan ketahanan pangan di masa depan dapat terwujud dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan pangan dalam negeri.

Proses pengumpulan makalah dilaksanakan pada 20 Agustus – 17 Oktober 2021. Ketentuan yang perlu diperhatikan para peserta Fertinnovation Challenge adalah tidak terlibat plagiarisme dan karya belum pernah memenangkan kompetisi lain. Lebih lanjut mengenai ketentuan kompetisi ini dapat diakses pada www.pupukindonesia-fertinnovation.com

 

Penulis : Sri Fatimah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.