Lima Universitas Muhammadiyah Terbaik se-Indonesia Versi Webometrics 2022

Sumber: blog.ecampuz.com

 

Muhammadiyah merupakan organisasi non-pemerintah Islam terbesar di Indonesia, salah satu misi dari persyarikatan Muhammadiyah ini adalah memfasilitasi pendidikan di Indonesia agar setiap kalangan dapat mengenyam pendidikan yang layak, karena tujuan itulah hingga saat ini Muhammadiyah memiliki lebih dari 100 universitas yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Universitas yang dinaungi oleh Muhammadiyah pun merupakan universitas dengan kualitas yang bagus dan fasilitas memadai. Hal ini dibuktikan dengan masuknya beberapa Universitas Muhammadiyah di ranking teratas di beberapa lembaga survei universitas. Salah satunya adalah Webometrics.

 

Webometrics sendiri merupakan sebuah lembaga dimana lembaga ini selalu melakukan pemeringkatan universitas terbaik di dunia berdasarkan website resmi yang dimiliki oleh universitas-universitas tersebut. Peringkat yang dikeluarkan oleh Webometrics merupakan peringkat berdasarkan penilaian aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja sebuah universitas. Dilansir dari Webometrics tahun 2022, inilah lima urutan teratas universitas Muhammadiyah terbaik se-Indonesia.

 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sumber: Kompasiana.com

Di urutan pertama adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini lagi-lagi bisa mempertahankan posisinya, yaitu berada di 20 besar untuk urutan nasional dan urutan pertama untuk daftar universitas Muhammadiyah terbaik se-Indonesia. Universitas dengan logo “Muda Mendunia” ini mendapatkan skor memuaskan yaitu 1577 untuk skor impact rank, 1976 untuk skor openness rank, dan 3616 untuk skor excellence rank.

 

Universitas Ahmad Dahlan (28)

Sumber: news.schmu.id 

Di Posisi kedua juga ditempati oleh Universitas yang berlokasi di Yogyakarta, yaitu Universitas Ahmad Dahlan. Universitas ini berhasil menempati posisi 28 universitas terbaik nasional dan posisi 2 untuk universitas Muhammadiyah dengan detail skor 1793 impact rank, 7420 openness rank, dan 3175 excellence rank.

 

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sumber: republika.co.id

Di Peringkat ketiga Universitas terbaik versi Webometrics 2022 ditempati oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas yang berusia lebih dari 40 tahun ini menempati posisi 51 nasional dan 3 terbaik untuk Universitas Muhammadiyah, dengan pencapaian nilai 2556 untuk impact rank, 7420 untuk openness rank, dan 4497 untuk excellence rank.

 

Universitas Muhammadiyah Malang

Sumber: pramborsfm.com

Urutan keempat universitas Muhammadiyah terbaik se-Indonesia versi Webometrics 2022 berhasil ditempati oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas dengan gedung megah ini berhasil keluar dengan skor 2178 untuk impact rank, 7420 untuk skor openness rank, dan 4829 untuk skor excellence. Dengan skor-skor tersebut, Universitas Muhammadiyah Malang berhasil menempati posisi 57 universitas terbaik se-Indonesia, dan posisi 4 universitas Muhammadiyah terbaik se-Indonesia.

 

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Sumber: fkip.uhamka.ac.id

Di Urutan 5 teratas diisi oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas terakreditasi A  yang berlokasi di Jakarta ini berhasil menempati urutan 67 nasional dengan skor 1000 untuk impact rank, 3000 untuk skor opennes, dan 7190 untuk skor excellence.

 

Penulis            : Sri Indriani Fitri

Editor               : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.