Lima Tips Efektif Mengatur Waktu Untuk Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa tentunya memiliki berbagai kesibukan baik itu dalam hal akademik maupun non-akademik, didalam maupun diluar kampus. Hal tersebut berarti bahwa selain mengerjakan tugas kuliah, mahasiswa juga memiliki kegiatan lain diluar perkuliahan seperti organisasi dan komunitas.

Kendati demikian, antara tugas kuliah dan kegiatan lain yang dijalankan haruslah berjalan beriringan, maka dari itu mengatur waktu yang efektif merupakan satu hal yang harus diperhatikan. Terlebih lagi bagi mahasiswa perantauan yang jauh dari orang tua yang dituntut untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Berikut tips dalam mengatur waktu secara efektif, yuk disimak!

 

Pertama, Membuat Jadwal Kegiatan

Dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu, cara yang dapat dilakukan yaitu melalui pembuatan jadwal kegiatan. Kamu dapat menyusun kegiatan kamu dengan menuliskannya pada sebuah kertas atau aplikasi pencatat jadwal di handphone kamu. Hal ini sangat baik dilakukan terutama bagi kamu yang sering lupa. Dengan membuat jadwal kegiatan, kamu tidak mudah lupa terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah kamu rencanakan dan membuat aktivitasmu akan lebih terstruktur.

 

Kedua, Membuat Skala Prioritas

Setiap orang memiliki prioritas kegiatan masing-masing, tidak terkecuali kamu sebagai seorang mahasiswa. Membiasakan diri dengan menentukan prioritas kegiatan akan membuat kamu lebih nyaman dalam melakukan sesuatu tanpa harus meninggalkan kegiatan lainnya. Mulailah dengan memilih kegiatan-kegiatan yang lebih mendesak dan harus segera dikerjakan seperti memprioritaskan tugas kuliah daripada kegiatan lainnya di luar kuliah. Jika kamu dihadapkan kegiatan dengan jadwal yang bersamaan, kamu harus bisa menentukan kegiatan yang lebih penting untuk dilakukan.

 

Ketiga, Fokus Pada Satu Kegiatan

Fokus untuk melakukan satu kegiatan akan mempermudah kamu untuk memaksimalkan kegiatan yang sedang dilakukan. Melakukan lebih dari satu kegiatan pada waktu yang bersamaan atau yang sering disebut multi-tasking merupakan salah satu hambatan yang bisa membuang waktu ketika beraktivitas sehingga tidak lebih efisien. Oleh karena itu, menyelesaikan kegiatan satu per satu dan melanjutkan kegiatan satu ke kegiatan lainnya akan lebih baik untuk dilakukan. Melakukan kegiatan secara bertahap akan membantu kamu dalam memaksimalkan setiap pekerjaan dan bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Keempat, Memaksimalkan Waktu Luang

Saat melakukan aktifitas, ketika kamu memiliki waktu luang yang tersisa seperti waktu luang saat pergantian jadwal perkuliahan, kamu dapat memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti mencicil tugas kuliah atau membuat check-list tugas-tugas kuliah. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan waktu luang untuk mengikuti seminar, workshop, atau event beasiswa yang terkadang diadakan oleh kampus guna menambah wawasan dan ketrampilan mahasiswa.

 

Kelima, Menyisihkan Waktu untuk Beristirahat

Menyisihkan waktu untuk beristirahat di akhir pekan merupakan salah satu cara dalam mengatur waktu yang penting bagi setiap orang. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan kamu agar tidak stress, misalnya dengan berolahraga, membaca buku, nongkrong bersama teman, bermain game. Dengan menyisihkan waktu ini akan memberikan keseimbagan pada kehidupan kamu sehingga kamu tidak jenuh dengan rutinitas kuliah.

 

Itulah beberapa tips tentang cara mengatur waktu yang efektif dan efisien bagi para mahasiswa. Melakukan kegiatan dengan perencanaan yang baik akan membuat hidup kamu juga lebih teratur. Jangan lupa luangkan waktu kamu untuk beristirahat dengan melakukan hal – hal yang bermanfaat untuk menunjang produktivitas kamu saat kuliah.

 

Sumber        : https://blog.qelola.com/

Jurnalis         : Alimah Nur Kasanah

Editor           : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.