Lima Skill yang Wajib Dilmiliki Oleh Fresh Graduate

Apakah kamu adalah seorang fresh graduate? Masih bingung dan insecure dalam melamar pekerjaan? Jika iya, artikel ini cocok buat kamu yang sedang melamar pekerjaan. Yuk, simak 5 hal penting yang wajib dimiliki sebagai fresh graduate!

 

  1. Komunikasi

Saat kamu masih kuliah, kemampuan berkomunikasi untuk dapat berkomunikasi dengan baik merupakan kemampuan yang wajib untuk diasah, baik komunikasi secara formal maupun non – formal, baik di dalam kelas ataupun di organisasi. Kemampuan ini dapat dilatih dengan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik dengan keluarga, tim organisasi, teman ataupun pasangan baik secara verbal maupun non-verbal. Hal tersebut akan membantu kamu untuk dapat membiasakan diri agar terlatih dalam berkomunikasi dengan baik sehingga melalui kemampuan tersebut anda akan menambah nilai lebih dalam diri kamu sebagai seorang fresh graduate.

 

  1. Penyelesaian Masalah (Problem Solving)

Sebuah permasalahan merupakan satu hal yang akan banyak kamu hadapi di dunia kerja, bukan hanya di dunia kuliah saja, bahkan terkadang permasalahan di dunia kerja akan lebih kompleks. Melalui kemampuan problem solving yang baik, seorang fresh graduate diharapkan mampu melihat sebuah permasalahan dari berbagai sudut pandang yang hingga akhirnya dapat menganalisis permasalahan tersebut untuk dapat diselesaikan. Kapabilitas seorang fresh graduate dalam menyelesaikan permasalahan akan sangat diperhitungkan dalam proses rekrutmen sehingga hal ini penting untuk dimiliki para fresh graduate.

 

  1. Kemampuan Untuk Bekerja Secara Mandiri Atau Tim

Ketika di dunia kerja, kamu akan bertemu banyak orang untuk bekerja dalam menyelesaikan tanggung jawab kamu baik secara individu maupun sebagai bagian dari tim. Terkadang kamu tidak hanya akan menyelesaikan pekerjaan kamu sendiri, namun kamu juga dituntut saling melengkapi pekerjaan dari tim kamu ketika dalam sebuah proyek. Kamu juga akan sering untuk saling berkomunikasi dengan anggota tim lain baik dari divisi yang sama atau berbeda. Kemampuan koordinasi dari individu ke individu atau dari divisi ke divisi lain akan sangat membantu kamu untuk mengatur jalannya komunikasi yang saling support.

 

  1. Kepemimpinan

Saat kamu masuk dalam sebuah perusahaan, mungkin kamu tidak akan langsung menjadi supervisor atau manajer, namun keahlian kamu dalam memimpin sangat penting untuk dimiliki. Tanpa keahliah kepemimpinan seperti ini akan sangat sulit beradaptasi dengan lingkungan kerja kamu, sehingga kamu perlu mempersiapkan diri dalam memimpin yang dapat diasah melalui organisasi.

 

  1. Berpikir Kritis

Di dunia kerja, memiliki kemampuan dalam berpikir kritis sangatlah pening dan sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan. Ada saatnya kamu menghadapi situasi dimana harus mengambil keputusan dalam menyelesaikan permasalahan secara logis dan kritis untuk dipresentasikan dalam depan rekan kerja ataupun atasan. Kamu harus mampu menyelesaikan permasalahan tersebut secara logis, runtut, teratah dengan penuh analisa dan pertimbangan yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.

 

 

Sumber        : https://agrobogautama.co.id/

Jurnalis         : Alimah Nur Kasanah

Editor           : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.