Lima Platform Pelatihan Bersertifikat

Platform pelatihan bersertifikat tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa di zaman yang sudah serba canggih ini, terlebih saat ini kita masih berada di masa pandemi Covid-19. Berbagai inovasi pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan soft skill juga lebih sering kita temui di masa-masa seperti saat ini.

Munculnya berbagai platform pelatihan bersertifikat dan inovasi pembelajaran berbasis digital ini juga tidak lain karena tidak sedikit dariĀ fresh graduateĀ atau mahasiswa yang terdampak oleh Covid-19 ini minim akan soft skill yang dimiliki. Selain itu, dunia kerja yang juga menuntut calon karyawannya untuk menguasai berbagai skill di perusahaannya walaupun pandemi Covid-19 masih mewabah.

Nah, untuk memberikan jawaban dan solusi bagi kamu, baik mahasiswa ataupun fresh graduate yang masih haus akan ilmu dalam mempersiapkan persaingan di dunia kerja. Berikut beberapa platform pelatihan bersertifikasi yang recommended untuk menambah soft skill kamu!

Pertama, IndonesiaX

Situs ini hadir dengan banyak pilihan kursus yang ditawarkan dan tersedia dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. IndonesiaX bekerjasama dengan berbagai institusi dan instansi seperti Universitas Indonesia, Rumah Perubahan, Institut Teknologi Sepuluh November, Bank BNI 46 dan berbagai institusi lainnya.

Kursus yang di tawarkan oleh IndonesiaX ini bersifat GRATIS, namun jika kamu perlu sertifikat dari kursus tersebut, kamu cuma perlu membayar biaya administrasi untuk mendapatkannya.

Kedua, Coursera

Coursera merupakan platform penyedia kursus gratis dengan berbagai macam topik yang beragam. Dimulai dari topik yang bersifat akademis, psikologi, hingga seni rupa. Coursera bekerjasama dengan berbagai perusahaan besar dunia seperti Google serta IBM dan kampus-kampus ternama dunia seperti University of Michigan, Stanford, Duke University hingga University of Pennsylvania.

Hal yang sama diterapkan Coursera jika kamu ingin mendapatkan sertifikat dari kursus tersebut, kamu cukup membayar biaya administrasi saja.

Ketiga, edX

Situs edX merupakan hasil kerjasama dari 2 universitas ternama dunia yaitu Harvard University dan Masssachusetts Institute of Technology alias MIT. Dari edX, terdapat lebih dari 100 kampus dan lembaga profesional lainnya yang turut berpartisipasi dalam kursus online ini.

Materi kursus yang ditampilkan di edX juga dapat diakses dan diikuti secara gratis oleh berbagai kalangan. Serta jika menginginkan sertifikat, kamu perlu melakukan pembayaran sesuai dengan bidang materi yang kamu pilih.

Keempat, Arkademi

Mungkin situs yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kamu, yaitu Arkademi yang merupakan sebuah platform khusus dimana kamu bisa mempelajari berbagai keahlian baik hardskill maupun softskill. Arkademi dapat diakses baik melalui mobil maupun website. Kategori yang dapat kamu pelajari dari Arkademi diantarannya yaitu Digital Marketing, Pemasaran, Bahasa, Kewirausahaan, hingga Health dan Safety. Di Arkademi tersedia banyak kelas gratis yang dapat kamu ikut dan jika ingin mencoba kelas yang berbayar juga ada dengan harga yang sangat terjangkau.

Kelima, Skill Academy

Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruang Guru yang menawarkan situs pembelajaran online dengan berbagai kelas mulai dari bisnis hingga hobi. Skill Academy diklaim menjadi solusi alternatif dalam meningkatkan softskill dan teknikmu di berbagai bidang. Harga kelas yang ditawarkan di Skill Academy juga cukup terjangkau, setelah kamu selesai mengikuti kelas tersebut kamu secara otomatis akan mendapatkan sertifikat.

Nah, itulah beberapa rekomendasi platform online bersertifikat yang dapat diikuti dalam menunjang softskill kamu sebagai mahasiswa untuk mempersiapkan persaingan di dunia kerja. Platform-platform di atas telah resmi dan diakui oleh berbagai lembaga sehingga kalian tidak perlu khawatir terhadap kompetensi yang diberikan oleh platform-platform tersebut.

 

Sumber : https://www.prmrahm.com/

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.