Lima Persiapan Wajib Untuk Kalian Yang Ingin Menjadi Mahasiswa Hubungan Internasional

Menjadi mahasiswa Hubungan Internasional adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang tertarik pada masalah internasional, termasuk politik, ekonomi, dan kebudayaan. Namun, sebelum memulai studi di bidang ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan disiapkan. Berikut adalah beberapa saran untuk mempersiapkan diri menjadi mahasiswa Hubungan Internasional:

  1. Pahami apa itu Hubungan Internasional: Sebelum memutuskan untuk mengambil program studi ini, penting untuk memahami apa itu Hubungan Internasional dan apa yang akan kalian pelajari di program tersebut. Baca buku atau artikel yang membahas tentang masalah-masalah internasional yang terjadi saat ini untuk memperluas wawasan kalian.
  2. Cari tahu program studi yang tersedia: Ada berbagai program studi Hubungan Internasional yang tersedia di berbagai universitas di seluruh dunia. Carilah program studi yang sesuai dengan minat dan keinginan kalian, dan pastikan program tersebut diakui secara internasional dan memenuhi standar yang ditentukan. Beberapa universitas di Indonesia menyediakan program studi Hubungan Internasional yang diakui dunia seperti HI UMY, HI UGM, dan HI UNPAD
  3. Baca bahan-bahan yang terkait dengan Hubungan Internasional: Membaca bahan-bahan yang terkait dengan Hubungan Internasional akan membantu kalian memahami lebih dalam tentang masalah-masalah yang akan dibahas di program studi ini. Baca buku-buku dan artikel yang ditulis oleh para ahli di bidang ini untuk memperluas wawasan kalian.
  4. Mulailah belajar bahasa asing: Sebagai mahasiswa Hubungan Internasional, kalian akan sering menjumpai dokumen dan bahan-bahan yang ditulis dalam bahasa asing. Belajar bahasa asing akan membantu kalian memahami bahan-bahan tersebut dengan lebih baik. Pilihlah bahasa yang sering digunakan dalam dunia internasional, seperti bahasa Inggris, Prancis, atau Spanyol.
  5. Siapkan diri untuk tinggal di luar negeri: Sebagai mahasiswa Hubungan Internasional, kalian mungkin akan diberikan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa di luar negeri. Persiapkan diri kalian dengan mempelajari tentang budaya, adat istiadat, dan bahasa di negara yang akan kalian kunjungi.

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

 

Share this Post

Mungkin Anda Tertarik !