Lima Kota Pelajar Terbaik di Dunia Versi QS World University Rankings 2022

Saat melanjutkan pendidikan, terkhusus perkuliahan, banyak sekali faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai prosesnya. Seperti apakah Universitas yang dituju mempunyai program yang bagus dan sesuai dengan apa yang diinginkan, biaya selama menjalani masa pendidikan, atau apakah ada beasiswa yang disediakan atau tidak oleh kampus tersebut. Salah satu aspek lainnya yang menjadi pertimbangan terbesar sebelum memulai perkuliahan adalah Kota dimana kampus impian kamu berada. Kenapa hal itu bisa sangat berpengaruh? Karena nantinya mahasiswa akan dihadapkan pada beberapa persoalan seperti biaya, dan kenyamanan lingkungan belajar.

Dilansir dari Quacquarelli Symonds World University Rankings atau biasa disingkat QS World University Rankings, beberapa Kota ini dinobatkan menjadi Best Students Cities dimana penilaian dilakukan berdasarkan affordability, desirability dan pendapat para mahasiswa yang tinggal di Kota-Kota ini. berikut daftar Best Student Cities versi QS World University Rankings 2022.

  1. London, United Kingdom
London, United Kingdom – August 20, 2016: Westminster palace and Big Ben and traffic on Westminster bridge in foreground

Posisi pertama diisi oleh salah satu kota di Inggris yaitu London, kota ini mendapatkan skor sempurna oleh QS World University Rankings sebagai Best Student Cities. Kota ini merupakan rumah bagi beberapa Universitas ternama dunia seperti Imperial College London yang menduduki ranking 7 dunia dan University College London yang bertengger di posisi 8 dunia versi QS World University Rankings.

  1. Munchen, Jerman
city hall at the Marienplatz in Munich, Germany

Mendengar kata Munchen pasti membuat kamu langsung berpikir tentang Klub raksasa eropa Bayern Munchen, ternyata selain itu Munchen merupakan salah satu kota dengan predikat kota pelajar terbaik. Melihat kembali faktor penilaian Best Student Cities yang memang berdasarkan affordability, desirability dan pendapat para mahasiswa yang tinggal di kota-kota ini, Munich berhasil menduduki peringkat kedua sebagai kota pelajar terbaik. Hal ini dikarekanan biaya hidup di Munich tidak sekompetitif kota-kota lainnya di Eropa, kualitas hidup yang baik, dan beberapa faktor lainnya.

  1. Seoul, Korea Selatan
Gyeongbokgung Palace at night in seoul,Korea.

Berdasarkan pemaparan QS World University Rankings, Seoul berhasil menduduki posisi ketiga, salah satunya adalah faktor reputasi universitas-universitas bergengsi yang ada di Korea Selatan. Bahkan hampir 20 universitas di Korea Selatan menduduki posisi tinggi di QS World University Rankings, salah satunya adalah Seoul National University yang berada di posisi 36 dunia.

  1. Tokyo
Aerial view of Mt. Fuji, Tokyo Tower and modern skyscrapers in Tokyo on a sunny day.

Kota yang tidak pernah tidur ini didapuk menjadi Best Students Cities karena menjadi rumah bagi 12 universitas bergengsi, salah satunya adalah University of Tokyo yang berada di urutan 23 dunia. Penilaian lainnya yang membuat Tokyo layak dinobatkan sebagai kota pelajar terbaik adalah karena penilaian baik yang didapat dari para mahasiswa yang sedang belajar di Tokyo.

  1. Berlin, Jerman
Pop-up bike in Berlin’s city center. The bike path was put up during Covid-19 lockdown to help people commute to work without having to use public transportation. The bicycle path is also part of the initiative to make the city green and carbon free, by reducing emissions and improving the city’s shopping street.

Pendidikan Jerman memang berada pada masa gemilangnya, bahkan dalam 10 besar kota pelajar terbaik di dunia, kota-kota di Jerman pasti selalu menampakkan wajahnya. Seperti Munich yang berhasil menempati posisi dua dan Berlin yang berhasil menempati posisi kelima. Berlin berhasil dinobatkan sebagai kota pelajar terbaik karena beberapa faktor yaitu hampir 20% populasi mahasiswa di Berlin adalah International Students. Hal ini membuat Berlin menjadi rumah yang tepat bagi para International Students berinteraksi dengan mahasiswa dari seluruh dunia, ditambah lagi Berlin menyediakan banyak sekali English Courses untuk dinikmati para mahasiswanya.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.