Lima Beasiswa Populer Bagi Kamu Yang Ingin Menetap di Luar Negeri

Beasiswa dengan tujuan studi ke luar negeri memang sudah sangat banyak sekarang, berbagai jenis beasiswa dimulai dari fully funded hingga partial funded. Namun yang pasti, sangat banyak beasiswa yang mewajibkan kamu untuk kembali ke Indonesia setelah kamu berhasil menyelesaikan studi kamu. Karena memang tujuan dari lembaga-lembaga penyedia beasiswa adalah agar kamu bisa memberikan dampak positif bagi negara dan memberikan kontribusi nyata setelah negara maupun lembaga bersusah payah membiayai kamu.

Namun apa yang terjadi jika kamu sudah mempunyai rencana untuk menetap di luar negeri? Mungkin bisa jadi karena alasan pekerjaan, keluarga, atau alasan lainnya. Ketika kamu sudah mempunyai rencana untuk tinggal di luar negeri setelah menyelesaikan masa studi kamu, kamu bisa mencoba beberapa beasiswa yang tidak mewajibkan kamu pulang ke Indonesia setelah studi kamu, berikut daftarnya:

  1. Program Erasmus Mundus Joint for Master Degree (EMJMD)

Beasiswa yang menawarkan beberapa program yang berlokasi di beberapa negara di Eropa ini patut menjadi tujuan kamu. Program ini tidak mewajibkan para penerima untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan studi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Erasmus+.

  1. Global Korea Scholarship

Beasiswa yang menawarkan semua tingkat mulai S1 hingga S3 di Korea Selatan ini bisa menjadi pilihan kamu jika kamu ingin menetap di luar negeri setelah menyelesaikan studi kamu.

  1. Inpex Scholarship

Beasiswa dari Inpex Foundation ini bisa menjadi alternatif kamu yang ingin melanjutkan S2 di Jepang, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi situs resmi Inpex di https://www.inpex-s.com/en/.

  1. Stipendium Hungaricum

Beasiswa semua tingkat lainnya yang tidak mewajibkan kamu untuk kembali ke negara asal adalah Stipendum Hungaricum. Beasiswa yang menawarkan program untuk S1 hingga S3 di Hungaria ini bisa menjadi acuan beasiswa tujuan, jika kamu tidak bisa untuk kembali ke Indonesia setelah studi kamu.

  1. Russian Government Scholarship

Beasiswa terakhir yang tidak mewajibkan kamu kembali ke negara asal adalah beasiswa dari pemerintah Rusia, yaitu Russian Government Scholarship. Beasiswa ini tersedia bagi kamu yang ingin melanjutkan S2 atau S3.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.