Liburan Semester di Rumah Aja? Lakukan Kegiatan Ini Agar Tetap Produktif!

PPKM gak selesai-selesai ya? Padahal udah banyak rencana untuk merayakan liburan semester. Akhirnya kamu hanya bisa menghabiskan liburan semester di rumah aja. Nah, agar liburan kamu tidak membosankan, lakukan kegiatan ini untuk liburan kamu yang produktif :

1. Maraton Film

Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat-sangat familiar dan menyenangkan. Selain untuk mengisi waktu luang, menonton bisa membuat kita keluar dari rasa stres. Apalagi selama menghabiskan waktu libur di rumah. Bahkan menonton film juga bisa menjadi sarana kamu belajar hal baru loh! Seperti belajar bahasa dari film yang kamu tonton. Misalnya saja ketika kamu menonton Drama Korea, kamu bisa sesekali belajar bahasa atau istilah-istilah Bahasa Korea.

Selain itu, bagi yang suka menonton film horor, ternyata genre film satu ini juga baik untuk kesehatan otak. Bahkan dilansir dari hellosehat.com, menonton film memungkinkan otak untuk melepas senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamate. Film horor juga bisa memicu pelepasan adrenalin yang punya efek mirip anestesi dari obat. Hal ini baik untuk kesehatan mental karena mampu menurunkan tingkat stres serta kecemasan.

2. Belajar Memasak

Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat menarik bukan? Apalagi kamu yang anak kost. Dengan memanfaatkan waktu libur dengan belajar memasak, akan menjadi bekal jika nanti kamu kembali menjadi anak kost. Terlebih belakangan ini beragam Media Sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter dipenuhi dengan kegiatan masak ala netizen. Platform video seperti YouTube juga tak ketinggalan diakses oleh para pemula masak yang ingin mengolah berbagai resep.

Dengan belajar memasak di rumah untuk menghabiskan waktu dengan produktif, kamu juga jadi lebih kreatif memanfaatkan berbagai bahan makanan. Bahkan sekaligus bisa mendekatkan diri antar keluarga.

3. Berkebun

Berkebun bisa menjadi opsi kegiatan yang mengasyikkan. Kegiatan ini bisa menjadi sarana mengekspolasi alam, menghilangkan kebosanan di rumah dan bermanfaat. Dengan berkebun, kamu bisa menanam sayur-sayuran yang nantinya akan dipakai di rumah untuk bahan memasak. Berkebun juga bisa membuat kamu belajar mengenal jenis-jenis tumbuhan.

Kemudian, apabila kamu berkebun di halaman rumah secara tidak langsung kamu mempercantik halam rumah kamu.

4. Menulis Blog

Kegiatan ini bisa kamu ambil bagi kamu yang hobi tulis menulis. Kamu bisa menulis di laman blog pribadi kamu atau kamu bisa mengirim hasil tulisan kamu ke situs-situs yang dapat menerbitkan tulisan kamu. Dengan begitu tulisan kamu dapat dipublish dan dinikmati pembaca.

Dilansir dari mediaindonesia.com menulis dapat merangsang perkembangan emosional dan sosial, selain kegiatan menggambar dan mewarnai. Maka artinya menulis membuat kamu lebih kreatif.

5. Berolahraga

Berlibur di rumah dengan keadaan pandemi yang yang terus meningkat, tidak ada salahnya jika kamu menjadikan olahraga sebagai aktivitas produktif untuk menunjang kesehatan. Walaupun berolahraga di rumah, kamu tidak harus pergi ke tempat gym apalagi di tengah pandemi seperti ini. Kamu cukup mengikuti gerakan aerobic secara online melalui Media Sosial. Sebagaimana kamu bisa mengakses berbagai gerakan aerobic atau gerakan lainnya di Youtube.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.