Lebih Dekat dengan SNI Award dan Kampus Peraih SNI Award Indonesia

Sebagai sebuah tanda dari perjalanan panjang dan konsistensi, Badan Standarisasi Nasional Indonesia (BSN Indonesia) memberikan penghargaan berupa SNI Award. SNI Award, yang dicanangkan sebagai The National Quality Award of Indonesia ini telah dimulai sejak tahun 2005. SNI Award merupakan sebuah pemberian penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia bagi organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten, berkinerja tinggi, dan terus menjaga performanya dalam beberapa kurun tahun terakhir.

Selanjutnya, melalui SNI Award diharapkan penerimanya dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar.

Lalu, apakah hanya bidang usaha dan pelayanan jasa saja yang dapat meraih SNI award ini? Ternyata, penghargaan ini juga bisa diraih oleh universitas di Indonesia. Kendati demikian, untuk mendapatkan award ini, tidaklah mudah. Setidaknya, tim dari BSN Indonesia akan melakukan evaluasi ketat dan berbagai tahapan untuk memastikan keabsahan penerima SNI Award untuk universitas di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi BSN, organisasi perguruan tinggi terbaik yang meraih penghargaan SNI award adalah Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Makassar, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Esa Unggul, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Telkom.

Tidak kalah dari universitas di atas, baru-baru ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pun meraih hal yang sama pada SNI Award 2022. Diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Sukamta, S.T., M.T., IPM, UMY resmi dinobatkan sebagai penerima SNI Award 2022 pada Rabu (30/11). Dengan pencapaian demikian, UMY telah mengukuhkan dirinya sebagai kampus yang selalu berorientasi kemajuan, pengembangan, dan konsistensi dalam hal mutu. Dan, UMY berhak menyandang sebagai kampus rujukan untuk proses pendidikan tinggi di Indonesia.

 

Sumber: https://www.bsn.go.id/

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Share this Post

Mungkin Anda Tertarik !